oleh

Santri di Berau Konvoi Sambut Datangnya Ramadhan

TANJUNG REDEB, beritakaltara.com- Ratusan santri dan santriwati Lembaga Pendidikan Takhfidz Qur’an (LPTQ) Kabupaten Berau, Sabtu (4/5) sore, melakukan kegiatan Tarhib Ramadhan konvoi menyambut bulan Ramadhan 1440 H/2019 M keliling Kota Tanjung Redeb. Selain melakukan pawai, yayasan Bimbingan Takhfidz Qur’an (BTQ) BTQ juga melakukan launching radio, yang diberi nama Radio-Qu 87,6 FM sebagai inspirasi spirit hati bagi masyarakat Berau.
Selain melakukan launching, yayasan BTQ juga membagi – bagikan radio kepada sejumlah pedagang kaki lima secara gratis, dengan harapan akan menambah ketaqwaan dan keimanan kepasda Allah SWT. Sememntara itu, titik pelepasan peserta konvoi ini di lapangan Perumahan Berau Indah, dan dihadiri Camat Tanjung Redeb, Yuda Budi Santoso, ketua Yayasan BTQ,Untadz Topik Rezab para orang tua santri, serta undangan lainnya.
Sebelum tarhib Ramadhan yang diprakarsai BTQ dan LPTQ ini dikesempatan itu Camat Tanjung Redeb, Yuda Budi Santoso memberikan apresiasi yang setinggi – tingginya atas kegiatan tersebut, dimana kegiatan ini sekaligus mengingatkan kepada umat muslim, bahwa di bulan suci Ramadhan ini agar dapat meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT, serta menambah amal ibadahnya.
Di tengah situasi Pemilu yang kondusif di Berau, dapat menjadikan bulan Ramadan ini penuh rahmat. Sehingga, seluruh warga bisa melaksanakan ibadah dengan khusyu’ dan tenang.
“Mari sambut Ramadhan dengan kegembiraan dan keikhlasan, jangan berlebihan dalam segala hal,” katanya.
Atas nama Pemkab Berau Yuda juga meminta kepada seluruh peserta dan semua yang hadir mengikuti kegiatan konvoi sambut bulan suci Ramadhan ini agar masing masing menjaga toleransi umat beragama lainnya. Tahun 2019 ini lanjutnya, mengharapkan umat muslim agar di momen Ramadan ini, untuk mulai membuka lembaran baru.
“Tinggalkan rasa tidak senang, jengkel, kurang puas dalam tindakan yang dilakukan oleh oknum atau pemerintah. Satu Syawal akan datang, tetapi Ramadan ini mari kita berjabat tangan saling memaafkan saling melepas rasa ketidak senangan. Karena itu saya mengajak kepada semua masyarakat Tanjung Redeb bersama sama menbangun Berau yang indah, damai dan aman,” ajaknya.
Bagai peserta konvoi Yuda juga berpesan, agar selalu berhati – hati sepanjang perjalanan, serta mengikuti aturan lalu lintas, agar konvoi ini berjalan dengan aman dan lancar. “Jadi saya ingitkan sekali lagi, jaga ketertiban berlalu lintas, harga pengendara lain, agar konvoi yang bernafaskan Islam ini berjalan lancar, tertib dan aman,” pesannya.
Sementara itu Ketua BTQ sekaligus ketua panitia konvoi sambut bulan suci Ramdhan ini, Ustadz Topik Rezab menjelaskan, bahwa terselenggaranya kegiatan ini atas kerja sama BTQ dengan LPTQ. Sedanggkan anggarannya dari partisipasi para orang tua santri dan santriwati, dan sumbangan dari beberapa donatur, yang mensuport acara ini.
Dijelaskan pula, menyambut bulan suci Ramadan ini merupakan salah satu bagian penting dalam syiar Islam. Apalagi kegiatan ini diikuti ratusan umat muslim, sehingga akan berdampak positif.
“Menyambut momen ini, tidak saja kita sambut dengan acara seremonial dan hati yang gembira, akan tetapi juga perlu diisi dengan berbagai kegiatan ibadah lainnya. Marilah di bulan suci Ramadan yang penuh pengampunan ini, kita tinggalkan dosa dan kebiasaan buruk, karena di bulan Ramadan merupakan pintu tobat yang penuh berkah,” urainya.
Sehubungan dengan syiar Islam, pihaknya beberapa waktu lalau telah mendirikan Radio-Qu, dan sudah dilakukan uji coba, hari ini dilaunching agar lebih dikenal masyarakat. Bahwa radio ini sebagai salah satu wadah syiar Islam, agar umat Islam di Kabupaten Berau sebantiasa semakin mendekatkan diri kepada Allah SWT.
“Dan launching Radio-Qu 87,6 FM diharapkan menjadi sebagai inspirasi spirit hati untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan masyarakat Berau kepada Allah SWT. Karena itu kami hari ini membagi – bagikan radio secara gratis kepada masyarakat, termasuk kepada pedagang kaki lima, agar setiap saat dapat mendengar Radio-Qu, yang bernafaskan Islami,” pungkasnya.
Peserta Tarhib Ramadhan tersebut berjalan di sepanjang jalan utama Kota Tanjung Redeb, sembari berorasi menyerukan kepada umat muslim untuk bersiap-siap menyambut Ramadhan. Dalam kegiatan ini berjalan tertib dan aman dengan pengawalan Satlantas Polres Berau. #Roz
Print Friendly

Comments

comments

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed