oleh

Sampah Tanggungjawab Bersama

NUNUKAN, beritakaltara.com- Melalui penyampaian pendapat pemerintah daerah terhadap Raperda (Rancangan Peraturan Daerah) inisiatif DPRD Nunukan tentang pengelolaan sampah, Bupati Kabupaten Nunukan Hj Asmin Laura Hafid, SE, MM mengapresiasinya.

Hal tersebut menurut Bupati, merupakan tanggungjawab bersama, mewujudkan Kabupaten Nunukan bersih dari sampah di Beranda Negara Kesatuan Republik Indonesia. Karena itu perlu peran seluruh komponen masyarakat untuk tetap menjaga kebersihan baik di lingkungan kerja, pemukiman penduduk maupun di tempat umum.

“Permasalahan sampah menjadi tanggungjawab kita semua sehingga penanganannya perlu dilakukan secara komprehensif dan terpadu dimulai dari sumber hingga pada tempat pembuangan akhir. Setiap dari kita harus mengambil peran secara massif menangani dan mengurangi sampah secara berangsur-angsur di Kabupaten Nunukan,” kata Laura, menyampaikan Jawaban Pemerintah Daerah terhadap Raperda Inisiatif DPRD tentang Pengelolaan Sampah dalam Rapat Paripurna ke-6 Masa Sidang II, Rabu (03/07) di Kantor DPRD Nunukan.

Lebih lanjut disampaikan Bupati Nunukan, bahwa inisiasi Raperda yang disampaikan Badan Pembentukan Peraturan Daerah DPRD, dalam rangka melakukan penyempurnaan atas peraturan Daerah Kabupaten Nunukan nomor 12 tahun 2008 tentang pengelolaan kebersihan.

Menurutnya sejak terbitnya Undang-undang tentang sampah beserta seluruh peraturan pelaksanaan yang mengikuti, telah menjadi perubahan yang mendasar terhadap istilah dan strategi pengelolaan sampah. Pemerintah Daerah menilai hal tersebut sangat diperlukan dalam rangka mewujudkan Kabupaten Nunukan yang bersih dan sehat.

“Kita berharap dalam pembahasan lebih lanjut, secara bersama –sama antara badan pembentukan Perda DPRD dan Tim Asistensi dan harmonisasi Produk Hukum Daerah dapat melakukan pengharmonisan, Pembulatan dan Pemantapan konsepsi Raperda dengan tetap mengedepankan prinsip kehatihatian dan kecermatan sesuai dengan asas pembentukan Peraturan Perundang-undangan,” tutup Laura, mengakhiri jawaban pemerintah daerah Terhadap Raperda Inisiatif DPRD Nunukan. # Fik

 

 

Print Friendly

Comments

comments

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed