oleh

Reog Samarinda Tampil Bersaing

Reog Singo Joyo Mulyo Kota Samarinda bersaing bersama 40 kelompok seni tari reog lain dari berbagai daerah di Indonesia
Reog Singo Joyo Mulyo Kota Samarinda bersaing bersama 40 kelompok seni tari reog lain dari berbagai daerah di Indonesia

SAMARINDA, BERITAKALTARA.com – Reog Singo Joyo Mulyo Kota Samarinda bersaing bersama  40 kelompok seni tari reog lain dari berbagai daerah di Indonesia, tampil memeriahkan perhelatan Festival Reog Nasional XXII 7-13 Oktober 2015 dalam rangkaian Perayaan Grebeg Suro di Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur (Jatim).

Mereka secara bergantian tampil menunjukkan keterampilan tarian reog di Panggung Utama Alun-Alun Ponorogo setiap malam (8-12/10/2015) memperebutkan Piala Presiden.
“Alhamdullilah, tim reog kota Samarinda yang diwakili oleh Reog Singo Joyo Mulyo berhasil masuk 10 besar dengan mendapat peringkat ke delapan, ini sebuah capaian yang luar biasa dari target hanya ikut berpartisipasi dan hasrat belajar dari para senior langsung dari tanah asalnya reog,” kata Kadis Pariwisata Ekonomi Kreatif dan Kominfo kota Samarinda Muhammad Faisal.
Ini merupakan salah satu program Disparekrafkominfo dalam upaya pelestarian budaya Nusantara di kota Samarinda dari etnis atau paguyuban manapun juga, bukan hanya pembinaan saja tapi juga mengirim beberapa group seni terbaik ke luar daerah untuk promosi seni budaya secara bergantian sesuai kemampuan penganggaran Pemkot Samarinda.
“Berbagai etnis sudah kami kirim secara bergantian, tidak hanya seni tari saja berbagai genre musik tradisional hingga modern, karnaval, fashion, paduan suara, teater dan lain-lain. Ini semua dalam usaha mengangkat prestasi para pelaku seni ke level nasional hingga Internasional,” ujar Faisal.
Tampil dengan percaya diri yang kuat pada Minggu (11/10/2015) Tim Reog Samarinda berhasil memukau para penonton yang memadati alun-alun Ponorogo.
“Kami tampil penuh semangat untuk menunjukan bahwa walaupun kami jauh di Kaltim tapi kami tetap tidak melupakan seni budaya leluhur ini dan terus melestarikannya. Terima Kasih kepada Walikota Samarinda dan Dinas Pariwisata Kota Samarinda yang membantu membina dan memfasilitasi kami pada kegiatan ini,” kata Sarjimun pimpinan paguyuban seni reog ini.
Reog Singo Joyo Mulyo yang bermarkas di jalan Cendana Gg.Rela Rt.20 ini memang merupakan salah satu group reog terbaik yang ada di kota Samarinda, yang juga selalu aktif berpartisipasi diberbagai kegiatan seni, hiburan dan pemerintah.#hms
Print Friendly

Comments

comments

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed