oleh

Pelayanan Publik Masih di Zona Merah, Bupati Nunukan Ajak OPD Berbenah

NUNUKAN, beritakaltara.com- Organisasi perangkat daerah (OPD) Kabupaten Nunukan, masuk dalam zona merah dalam hal pelayanan publik.  Hal ini diketahui berdasarkan indikator yang telah disurvei Ombusman RI di Provinsi  Kalimantan Utara.

“Dari survey diketahui, sejumlah OPD tidak memenuhi kepatuhan pelayanan publik,” ungkap Bupati Nunukan, Hj asmin Laura Hafid, SE, MM, dalam rapat pemaparan hasil evaluasi survei kebutuhan pelayanan publik Kabupaten Nunukan tahun 2018, di Lantai IV Kantor Bupati Nunukan, Kamis (2/5/19)

Laura berharap, bahwa tahun 2020 mendatang, setiap OPD harus melakukan perbaikan dan langkah yang tepat dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat , karena tuntutan terkait pelayanan publik yang berkualitas harus diutamakan, khususnya transparansi publik.

“Yang hadir di sini, saya minta menyampaikan hasil laporan kepada kepala OPD-nya masing-masing yang tidak dapat hadir. Dari sekian banyak  OPD Nunukan, hanya dua yang masuk zona hijau, sedangkan yang tertinggal segera berbenah,” ungkap Laura.

Terhadap OPD yang kurang memberikan pelayanan Publik, kata Laura, adalah SKPD gagal. Karena itu, dia meminta  kepada OPD yang dimaksud untuk membenahi, memperbaiki dan bisa segera berubah menjadi yang terbaik.

“OPD yang saya maksud harus tersinggung dan harus mau berubah. Kalau tidak bisa berbenah, secara  langsung saat itu juga saya bisa katakan bahwa Anda Gagal. Ini  bukan saya yang menilai, tapi masyarakat yang menyampaikan kepada saya,” kata Laura, memotivasi.

Pelayanan Publik merupakan kegiatan yang dilakukan oleh sekelompok orang dengan landasan faktor material melalui sistim, prosedur dan metode tertentu dalam usaha memenuhi kepentingan orang lain sesuai dengan haknya.

Tujuannya adalah mempersiapkan pelayanan tersebut sesuai yang dibutuhkan oleh public, dengan menyatakan yang tepat kepada publik mengenai pilihannya  dan cara mengakses yang direncanakan dan disediakan oleh pemerintah daerah.

“Kepada seluruh perangkat daerah kabupaten Nunukan, pada tahun ini dan tahun mendatang harus masuk zona hijau. Maka saya minta pembenahan dan perbaikan mutu pelayanan publik yang professional, penyiapan fasilitas pendukung pelayanan dan harapannya musti terus berinovasi dalam pelayanan publik.” harap Laura.

Dalam pertemuan tersebut, Laura akan memberikan Award kepada OPD yang masuk dalam kategori pelayanan yang sangat baik dan baik. Sementara OPD yang berkategori C atau kurang baik diberikan surat teguran tertulis termasuk 13 OPD yang tidak melakukan survei kepuasan masyarakat.  #fik

Print Friendly

Comments

comments

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed