oleh

LPTQ BULUNGAN GELAR RAKOR 3 HARI

foto_rakor_lptq_2016Tanjung Selor, BERITAKALTARA.com – Rapat koordinasi Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) tingkat Kabupaten Bulungan diharapkan dapat memperkuat serta meningkatkan peran LTPQ dalam membina keimanan masyarakat. Sekkab Bulungan, Drs Syafril menyampaikan hal itu saat membuka rakor LPTQ pada Jumat malam (07/10/2016) di Aula KUB Kemenag, Tanjung Selor.

“Saya berharap melalui rakor ini LPTQ dapat memperkuat fungsinya di masyarakat,” ucap Sekkab mewakili Bupati Bulungan saat memberikan sambutan. Rakor LPTQ Kabupaten Bulungan berlangsung selama 3 hari pada 7 – 9 Oktober 2016, diikuti sekitar 60 peserta terdiri dari pengurus LPTQ kabupaten, pengurus kecamatan serta dari Kantor Wilayah Kementerian Agama Bulungan. Rakor juga menghadirkan 2 tenaga ahli dari pusat bersama Pjs Kepala Kemenag Provinsi Kaltara dan Sekkab Bulungan selaku Ketua Umum LPTQ Bulungan sebagai narasumber.

“Kita ada menghadirkan 2 narasumber dari pusat, semoga bisa meningkatkan kemampuan teman-teman di LPTQ dalam mengelola lembaga ini ke depannya,” sahutnya. Diingatkan, keberadaan LPTQ selain untuk meningkatkan kemampuan masyarakat dalam baca tulis Al Quran juga untuk membina masyarakat agar mengamalkan Al Quran dalam kehidupan sehari-hari. Maka peran LTPQ dinilai sangat strategis dalam pembangunan di bidang keagamaan. Pemkab Bulungan pun berharap di tengah kondisi APBD saat ini yang mengalami penurunan, LPTQ dapat terus menjalankan tugas dan fungsinya dengan baik.

“Keterbatasan dana atau anggaran jangan kita jadikan alasan untuk tidak berbuat atau bekerja. Justru saat ini kita dituntut untuk semakin kreatif dalam menjalankan tugas serta kewajiban sebagai pengurus LPTQ,” tandasnya. Ditambahkan, kinerja LPTQ Bulungan saat ini dinilai sudah cukup baik karena mampu membina kontingen Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Bulungan menjadi juara umum dalam MTQ tingkat Provinsi Kalimantan Utara yang ke I di tahun 2016. Prestasi ini diharapkan dapat dipertahankan dan ditingkatkan di tahun depan.

“Untuk tingkat provinsi, Bulungan dengan mengandalkan anak-anak sendiri dapat menjadi juara umum, meski di tingkat nasional belum mampu berbuat banyak. Ini menjadi PR bagi kita ke depan,” pungkasnya. Pembukaan rakor LPTQ yagn bertema Mengukuhkan Iman dan Potensi dalam Kemilau Al Quran Menuju Basis Manfaat Islam Rahmatan Lil’Alamin, turut ditandai dengan penyerahan bantuan tahap kedua dari Pemkab Bulungan kepada para pengurus LPTQ kecamatan.

Print Friendly

Comments

comments

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed