oleh

Limbah Batu Bara ‘Pipit” Diawasi Ketat

tim bldh nunukan webNUNUKAN, BERITAKALTARA.COM- Sistim pengelolaan limbah perusahaan batu bara PT Pipit Mutiara Jaya di Sebakis, Kecamatan Simenggaris Nunukan, mendapat perhatian Badan Lingkungan Hidup Daerah (BLHD).

“Kami turun ke lapangan untuk mempelajari secara langsung bagaimana sistim pengelolaan limbah perusahaan,” kata Ir Adi Karsono, Kepala Badan Lingkungan Hidup Daerah (BLHD) Kabupaten Nunukan melalui Alexander Rombe selaku Kabid Penataan hukum dan Pengkajian Lingkungan hidup.

Pemerintah tidak mudah memberikan izin. Tapi harus melewati mekanisme sesuai UU 32 tahun 2009 tentang Perlindungan, Pengelolaan Lingkungan Hidup. PT PMJ saat ini sedang mengajukan izin tempat penyimpanan sementara (TPS) limbah B3 (bahan berbahaya beracun). Lantaran itu dilakukan cek lapangan; apakah persyaratan yang diajukan sesuai dengan fakta. Termasuk titik koordinat TPS limbah B3, luas bangunan, bentuk dan ukuran bangunan, penempatan material bak pengelolaan  termasuk oli Kotor, filter bekas  limbah.

“Satu per satu kami data dan verifikasi. Bagaimana teknik pengelolaannya. Apakah sesuai dengan undang-undang yang berlaku?” ujar Alexander Rombe. Ada waktu 40 hari untuk menyimpulkan apakah izin dikabulkan atau tidak.

“Izin ini diberikan atau tidak menjadi hak mutlak BLHD. Jika belum cukup persyaratan, maka pengajuan izin boleh diberikan kesempatan 40 hari lagi,” kata Alexander.

Pengecekan lapangan dilakukan oleh tim BLHD, Sabtu (21/12). Sejak pagi rombongan berangkat menuju lokasi tambang menggunakan transportasi speedboat. Lokasi tambang sekilas nampak jauh dari kawasan pemukiman penduduk. Namun dampak lingkungan akibat penambangan, dikuatirkan mencemarkan sungai-sungai di sekitar.

PT PMJ  memiliki dua tempat TPS limbah B3. Yakni di lokasi logpond dan di lokasi tambang. Lantaran itu pemerintah berusaha melakukan pengawasan yang ketat agar limbah tidak mencemari lingkungan.

Hal yang penting diperhatikan perusahaan, kata Alexander, di tempat TPS limbah B3 tidak boleh ada kegiatan lain. Apalagi kalau sampai ada kegiatan yang mengakibatkan kebakaran atau lainnya. Ada standard yang harus dipenuhi. #yusuf palimbongan

Print Friendly

Comments

comments

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed