oleh

Komisioner Bulat, Pilih Ida Faridah Jadi Ketua KPU Kaltim

JAKARTA, BERITAKALTARA.com- Setelah mengalami deadlock beberapa hari, soal siapa menjadi Ketua KPU (Komisi Pemilihan Umum) Lima komisoner KPU kaltim saat dilantikKaltim periode 2014-2019 terjawab sudah. Lima komisioner sepakat untuk memilih Ida Faridah.

Rapat khusus soal ketua KPU itu digelar di Jakarta, Kamis (13/2/2014), dengan difasilitasi KPU Pusat. Upaya tersebut ditempuh, karena sulitnya lima komisioner memutuskan satu orang dari mereka sebagai ketua.

Sejak Senin (10/2/2014) lalu, rapat pleno pemilihan ketua sudah dilakukan. Nama M Taufik sudah muncul dipilih oleh Viko Januardi dan Ida Faridah. Hanya saja menurut aturannya, agar sah terpilih menjadi ketua minimal dipilih oleh empat komisioner. Pada rapat pleno itu dua anggota lainnya Rudiansyah dan Syamsul memilih untuk tidak hadir.

Masalah terplihnya Taufik sempat membuat suasana di komisioner menegang. Pasalnya, nama Taufik yang bermodal tiga suara pemilihnya sudah dikirim ke KPU Pusat untuk dibuatkan SK (Surat Keputusan). Tapi ternyata KPU pusat tidak mengabulkan.

Salah seorang komisioner KPU, Viko Januardi, membenarkan bahwa terpilihnya Ida Faridah sebagai Ketua KPU Kaltim sudah final. “Langsung dibuatkan SK oleh KPU pusat,” kata Viko di akun facebooknya.

Ida Faridah satu-satunya perempuan di komisioner sebelumnya bekerja sebagai dosen. Tapi ia punya pengalaman sebagai Panitia Pemilu Luar Negeri di Canberra, Australia pada tahun 1999, 2004 dan 2009

Sekretaris KPU Kaltim, Syarifuddin, mengatakan, walaupun proses pemilihan ketua KPU berjalan alot dan molor dari jadwal, tapi ia menjamin tidak ada tahapan Pemilu yang terganggu. Semua pekerjaan sudah ditangani oleh Sekretariat KPUD Kaltim. #le/A

Print Friendly

Comments

comments

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed