oleh

Jet Li Lahir di Cina, Warganegara AS Lalu Pindah Kewarganegaraan Singapura

Bintang laga yang selalu perkasa dalam adegan laga kepahlawan Cina macam Hong Fe Hong – Jet Li kelahiran Beijing, Cina 26 April 1963, ternyata penderita hipertroid (hyperthroiddism).1b jet-li

“Penyakit ini kalau sedang kumat bisa menurunkan berat badan saya secara drastis. Bisa samapai 15 kilogram berat badan turun secara mendadak, biasa pula bertambah beratnya sampai 15 kilogram,” kata Jet li (51), yang ketika penyakit itu tengah kumat ia terpaksa istirahat main film.

Pada saat lagi bomingnya bintang laga Bruce Le, Jet Li mengaku belum apa-apa karena pada waktu itu sekitar di bawah tahun 80-an, ia masih anak-anak berusia belasan tahun dan aktif jadi atlet wushu, sejenis ilmu bela diri kungfu Cina.

Banyak medali diperolehnya selama jadi atlet itu. Lalu ketika Jet li berusia 20 tahun ia dipercaya membintangi Film kungfu pertamanya: “Shaolin Temple.” Ketika itu ia belum memakai nama Jet li, tapi nama lahirnya “Li Lian Jie.” Sukses di film itu dan ia menikah dengan Huang Quiyan aktris cina, tapi keberadaan rumah tangga Jet li tidak berjalan harmonis. Sampai 90-an ia memilih berpisah dengan Huang Quiyan, lalu Jet Li memilih pindah kewarganegaraan Amerika dibarengi dengan sukses film-film selanjutnya macam memerankan Hong Fe Hong ditangan sutradara Cina kawakan. Nama dan kehidupannya pun meroket dan mampu mengimbangi ketenaran Bruce Lee dan Jecky Chen. Lalu Jet Li menikah lagi dengan aktris hongkong seksi Nia Li Chi.

Setelah dua anak perempuannya lahir, Jet li memikirkan anaknya supaya tidak canggung dalam berbahasa nenek moyang, yaitu Bahasa Cina. Maka Jet Li dan Nina Li Chi memboyong kedua putrinya yang kini naik remaja untuk berpindah kewarganegaraan. Ada dua pilihan Negara yang dituju, Autralia dan Singapura. Karena di Autralia tidak berbahasa Cina tapi umumnya berbahasa Inggris, sedangkan di Singapura selain berbahasa nasioanal Inggris dan Cina, maka Singapuralah pilihan Jet li untuk menetap dimulai penghujung 1990, awalnya tinggal di apartemen.

Kini kewarganegaraan Jet Li dan anak istrinya di Singapura. Ia telah membeli bungalow di Bukit Timah di Negara singa itu dan tinggal Bungalow yang dibelinya seharga US$ 19,8 juta pada Juni 2009 lalu. #kony fahran

 

Print Friendly

Comments

comments

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed