oleh

Irigasi Dituding tak Bermanfaat, Ini Jawaban Kabid Pengairan

IMG-20160519-WA004NUNUKAN,BERITAKALTARA.com – Tudingan Seretaris Komisi 3 DPRD Nunukan Burhanuddin terhadap pembangunan irigasi di RT 12 Sebatik Timur yang tidak memiliki azas manfaat kepada warga, ditampik oleh Kabid Pengairan Dinas Pekerjaan Umum DPU Kabupaten Nunukan Raydon.

Dia mengaku pembangunan irigasi tersebut memang tidak sesuai target dikarenakan adanya masyarakat yang menolak lokasi tanahnya dilalui saluran irigasi. Pembangunan irigasi yang seharusnya sepanjang 280 meter, sementara saat ini yang bisa diselesaikan sepanjang 130 meter. Sisanya 150 meter karena warga pemilik lahan menolak lahannya dilalui saluran irigasi.

“Karena ada tanah yang tak disetujui tadi maka kami hentikan dan nilai kontrak kami putus,”jelasnya.

Terkait pendanaan, pembangunan saluran irigasi berasal dari dana DAK. Dimana lokasi pembangunan sudah diplot dengan persyaratan dibangun di persawahan eksis. Dana DAK sendiri memiliki pagu anggaran Rp. 154.149.700.000, namun diadendum menjadi Rp. 110.106.980.000 dan terealisasi Rp. 822.232.000 saja.

“DAK khusus irigasi mereka plotkan di daerah itu. Tidak bisa sesukanya kami menentukan, karena dana DAK itu dikhususkan untuk daerah irigasi sudah ada keputusan menterinya,” ujar Raydon.

Raydon juga mengaku proyek irigasi yang dikerjakan CV Pionir Nunukan Permai sudah sesuai prosedur karena seluruh aparat desa, masyarakat dan Babinsa dilibatkan. Sementara terkait minimnya pengawasan terhadap pengerjaan proyek menurut Reydon dikarenakan tidak adanya anggaran pengawasan. Bahkan ketika DPRD mengundang untuk pendampingan saat monitoring, Dinas PU juga tidak bisa mendampingi kegiatan monitoring.

“Bagaimana bisa ikut monitoring, SPPD kami saja susah sekali keluar, ini sebenarnya penyakitnya,”ujar Raydon. #dhim

Print Friendly

Comments

comments

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed