by

Hujan Deras Saat Upacara Harkitnas di Nunukan, Peserta tak Goyah

NUNUKAN, beritakaltara.com- Semangat nasionalisme tercermin kala langit mulai gelap dan hujan pun mulai deras membasahi, namun peserta upacara peringatan Hari Kebangkitan Nasional ke 111 di halaman Kantor Bupati Kabupaten Nunukan, Senin (20/05/2019), tetap berdiri tegak.

Sedikitpun tak goyah meninggalkan barisan, peserta upacara antusias mendengarkan amanah dari Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia yang disampaikan Sekretaris Daerah Kabupaten Nunukan, Drs. Serfianus, S.Ip.

Momentum Harkitnas ini, sangat relevan jika dimaknai dengan teks Sumpah Palapa yakni bahasa pemersatu bangsa, dimana masyarakat Indonesia telah melalui pesta demokrasi yang tentunya berbeda pilihan namun tetap satu tujuan, bangkit, maju membangun NKRI.

“ Telah lebih satu abad kita torehkan catatan penghormatan dan penghargaan atas kemajemukan bangsa yang ditandai berdirinya organisasi pemuda Boedi Oetomo,”kata Sekda Nunukan saat menyampaikan amanah Menteri Negara Komunikasi dan Informatika RI.

Lebih lanjut disampaikan, bahwa dalam kondisi kemajemukan suatu bangsa, bahasa, suku, agama dan kebudayaan merupakan bentang geografis yang paling ekstreem di belahan dunia. Namun hingga detik ini bangsa indonesia telah mampu menjaga persatuan dan kesatuan.

“Karena itu, tak diragukan lagi bahwa kita pasti mampu segera kembali bersatu dari kerenggangan perbedaan pendapat, keterbelahan sosial, demi memikirkan kepentingan yang lebih luas untuk anak cucu kita yaitu, persatuan Indonesia,” lanjut Serfianus.

Upacara berlangsung hikmat yang dihadiri sejumlah Organisasi Perangkat Daerah dan pelajar di Kabupaten Nunukan, meski upacara tersebut tak dihadiri Bupati Nunukan, Hj Asmin Laura Hafid SE MM, namun putri H. Abdul Hafid Achmad ini, memberikan sambutan yang juga disampaikan Sekretaris Daerah Kabupaten Nunukan.

Melalui sambutannya, Bupati Nunukan mengajak, sebagai bangsa indonesia harus terus menerus bersatu, memperkokoh  semangat Bhineka Tunggal Ika. Hal ini, kata Laura, merupakan pilar utama persatuan dalam berbangsa dan bernegara serta mewujudkan Indonesia sebagai bangsa yang kuat dan bangsa yang besar.

“Hal ini tentunya diiringi etos kepedulian, welas asih dan saling menghargai penuh empati yang tujuannya adalah kesejahteraan dan kemajuan bersama,” kata Laura dalam sambutan yang disampaikan Sekretaris Daerah Kabupaten Nunukan.

Pada momentum ke 111 ini, Harkitnas, memberikan semangat nasionalisme agar bangsa Indonesia memelihara, menumbuhkan dan menegakkan nilai-nilai demokrasi berlandaskan moral dan etika berbangsa dan bernegara,serta mempererat persaudaraan demi mempercepat terwujudnya visi dan misi bangsa dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia. #fik

Print Friendly

Comments

comments

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed