oleh

Hari Ini Irianto Buka PIN Polio-Kaltara Siapkan 802 Pos PIN

tiny_20160308030849TANJUNG SELOR, BERITAKALTARA.COM – Hari ini Gubernur Kaltara Irianto Lambrie membuka program Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio di Desa Seriang kilometer 9. Program nasional ini berlangsung mulai hari ini hingga tanggal 15 mendatang. Wilayah Kaltara sediakan 802 pos PIN tersebar di 5 kabupaten/kota.

“Posnya ada yang di Posyandu, Puskesmas, Puskesdes dan rumah sakit dan pos PIN lain yang dianggap perlu,” ujar Lukas  Sarapang Kepala Bidang  Pemberantasan Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (P2PL) Dinkes Kaltara.

Disebutkan Lukas, pos selain di instansi kesehatan, pihaknya juga menyiapkan di tempat-tempat umum seperti pelabuhan, PAUD dan tempat keramaian lain, namun sudah dikoordinasikan dengan pemerintah kabupaten/kota setempat.

Adapun vaksin yang disediakan pemerintah seluruhnya 4.600 vaksin dan telah didistribusikan ke pos-pos yang telah ditentukan. Dinas Kesehatan sendiri menargetkan 67.000 bayi di usia 0 sampai 59 bulan yang ada di kabupaten/kota.

“Nah, kalau nanti ternyata ada yang belum terkaver maka kami akan adakan sweeping yang dilakukan oleh petugas kesehatan kita,” imbuh Lukas. Sweeping, lanjutnya, akan dilakukan per tanggal 16 sampai 18 Maret.

Untuk mengantisipasi kurangnya vaksin, sejak saat ini Dinkes provinsi melebihkan 10 persen dari vaksin yang disediakan untuk bayi-bayi yang belum terkaver tersebut.

Untuk diketahui, sejak Kaltara terbentuk, ini kali pertama pemerintah provinsi mengadakan pekan imunisasi. Meski demikian, sejauh ini tingkat penderita polio di Kaltara dinyatakan nihil.

“Kalau indikasi polio di Kaltara tidak ada, tetapi ini kebijakan nasional dan juga bertujuan untuk meningkatkan kekebalan balita. Apalagi di daerah kita mobilitas penduduk sudah mulai meningkat, di daerah Indonesia bagian tengah itu masih ada terindikasi, untuk itu kita waspada itu,” paparnya.

Print Friendly

Comments

comments

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed