oleh

Deteksi dan Cegah Kanker Sejak Dini

NUNUKAN – Dinas Kesehatan mengajak  masyarakat Kabupaten Nunukan segera mendeteksi dan mencegah penyakit kanker sejak dini. Hasil observasi, ditemukan beberapa kasus, antara lain kanker Payudara dan Kanker Serviks, yang umumnya diderita ibu rumah tangga.   

Hal ini diungkapkan, Kabid Pengendalian dan Pemberantasan Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Nunukan, Irmayanti SKM, M. Kes, bahwa Identifikasi terhadap penyakit kanker itu, Dinkes Nunukan telah melakukan pemeriksaan dari 885 pasien pada 2019 lalu, terdapat 22 kasus yang mendekati Positif.

Peserta Sosialisasi Deteksi dan Pencegahan Kanker di Halaman Sekretariat Dharma Wanita Persatuan Nunukan.

“ Berdasarkan hasil pemeriksaan iva itu, terdeteksi mengarah ke kanker serviks sebanyak 22 orang di Kabupaten Nunukan, dan 13 orang yang terdeteksi kanker payudara. Saat ini pasien kami sarankan operasi atau kemoterapi di Makassar dan Surabaya.” ungkap Irmayanti, Kabid P2P Dinkes Nunukan, usai acara Sosialisasi Pencegahan Kanker, Rabu (05/02/20) di Sekretariat Darma Wanita Persatuan Nunukan.

Mewakili kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Nunukan, Irmayanti menghimbau kepada masyarakat agar medeteksi kesehatan sejak dini, sehingga dapat mengidentifikasi penyakit tersebut agar nantinya bisa dilakukan pemeriksaan dan perawatan lebih lanjut.

“  Kami harap khususnya Ibu-ibu atau perempuan yang belum menikah, aktif dan sedini mungkin memeriksakan diri, karena diusia 30 sampai 50 tahun keatas, apalagi yang sudah berkeluarga atau diusia batas manupause bisa terindikasi kanker.” lanjut Irmayanti.

Pelayanan Pencegahan dan mendeteksi Kanker, kata Irma, cukup mudah, masyarakat langsung ke Sekretariat Darma Wanita atau bisa ke Puskesmas terdekat. Layanan ini merupakan program rutin Dinas Kesehatan bekerjasama Puskesmas dan RSUD Nunukan.

“ Selama dua hari ini, kami membuka layanan deteksi kanker, jika tidak sempat datang ke Sekretariat Darma Wanita, masyarakat bisa ke Puskesmas Nunukan setiap hari Rabu dan Puskesmas Sedadap  hari Sabtu.”

Upaya Dinas Kesehatan mencegah dan mendeteksi penyakit Kanker tersebut merupakan bagian dari program Kementrian Kesehatan RI dan disosialisasikan dalam Peringatan Hari Kanker Se Dunia, yang digelar kemarin, 4 Februari 2020 di RRI Nunukan melalui program dialog Interaktif, I Am And Will (Saya Adalah dan Saya Akan) Cegah Kanker Sejak Dini, tujuannya adalah untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dan Individu, komitment mencegah dan mengendalikan kanker.   

Sosialisasi tersebut dilanjutkan di halaman Sekretariat Darma Wanita Persatuan. Peserta antusias mengikuti kegiatan itu, karena sejumlah tips pencengahan kanker dijabarkan narasumber menjadi referensi sebagai pengetahuan baru bagi peserta. Dalam acara itu, narasumber menjabarkan tips mendeteksi kanker yang lazimnya terindikasi pada kaum Hawa. Caranya bisa dilakukan dirumah dengan bantuan suami bagi yang sudah berkeluarga, atau bisa langsung ke puskesmas dengan bantuan dokter atau bidan dan perawat yang direkomendasikan  menangani penyakit ini. #Fik

Print Friendly

Comments

comments

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed