oleh

Buah “Arogansi” Pemerintah Pusat Mulai Berdampak di Daerah

DEMO-CPNS-KTT-5-207x191-poto beritaheadline.com

–          Hasil test CPSND 2013 tidak berpihak kepada kearifan lokal, Bupati KTT didemo rakyatnya sendiri

TANJUNG SELOR, BERITAKALTARA.COM – Buah daripada arogansi pemerintah pusat yang tidak pernah ikhlas memberikan otonomi seluas-luasnya kepada daerah mulai menyulitkan pejabat dibeberapa daerah di Kalimantan Utara. Salah satunya Undunsyah, Bupati Kabupaten Tana Tidung, Selasa 24/12/2013 didemo oleh ribuan masyarakatnya sendiri, gara-gara minimnya putera daerah setempat yang lulus mengikuti testing CPNSD Tahun Anggaran 2013 tersebut.

Jangankan untuk memberikan kewenangan yang besar kepada daerah, untuk menentukan soal kelulusan testing CPNSD saja sudah diambil alih oleh Pemerintah Pusat, tanpa mau mendengar aspirasi yang disampaikan oleh daerah. Akibatnya banyak putera daerah yang tidak berhasil lulus, padahal peluang itu seharusnya menjadi milik mereka bila saja daerah Kabupaten Kota diberi kewenangan untuk menentukan kelulusan testing CPNSD dimaksud.

Sementara itu, hasil pantauan BERITAKALTARA.COM di Tanjung Selor, Kabupaten Bulungan, Provinsi Kalimantan Utara menggambarkan, tampaknya rata-rata raut wajah para peserta yang melihat hasil pengunguman kelulusan terlihat sedih, mereka rata-rata adalah putera daerah. Sepertinya dengan diambil alihnya kewenangan untuk menentukan kelulusan oleh pemerintah pusat kesempatan mereka ‘tamat’ untuk mengabdi ditanah kelahiran mereka sendiri.

Bukan tidak mungkin dengan kian arogansinya pemerintah pusat tersebut bisa saja menumbuhkembangkan perasaan antipati para pemuda disetiap daerah. Lebih ekstrimnya lagi bisa saja mereka suatu saat mereka berpikir bahwa untuk apa mati-matian membela NKRI ini, tapi negara ini tidak pernah memikirkan masa depan mereka dengan baik. #sahriansyah.

Print Friendly

Comments

comments

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed