by

2014, Sebuku Punya Rumah Sakit

asmah ganiNUNUKAN, BERITAKALTARA.COM – Wakil Bupati Nunukan Hj Asmah Gani menagih janji Gubernur Kaltim terpilih Awang Faroek Ishak untuk membangun RSU (Rumah Sakit Umum) di Kecamatan Sebuku.

“Jadi, kalau tidak ada halangan, Pemkab Nunukan dan Pemprov Kaltim merealisasikan pembangunan RSU itu,” ujar Asmah Gani kepada wartawan, Rabu (18/12/2013).

Janji Awang Faroek disampaikan sebelum terpilih jadi gubernur. Diharapkan keberadaan rumah sakit itu bisa melayani orang sakit bagi warga di sekitar, seperti Kecamatan Lumbis, Kecamatan Sembakung, Kecamatan Lumbis Ogong, Kecamatan Tuling Onsoi, dan Kecamatan Sebuku.

Dari sisi geografi, tidak mungkin hanya ada satu rumah sakit umum seperti di Sei Fatimah Nunukan. Apalagi pertumbuhan ekonomi penduduk di kawasan Sebuku dan sekitar terus bergerak maju, seiring dengan masuknya sejumlah investor perkebunan kelapa sawit.

“Pak gubernur Awang Faroek sendiri yang mempelajari sisi geografis di kawasan perbatasan ini. Tadinya malah direncanakan membangun dua rumah sakit kelas pratama. Yaitu di Krayan dan Sebuku,” ujar Asmah Gani. Karena anggaran pembangunan fisik RSU dijanjikan dari Pemprov Kaltim, Pemkab Nunukan kebagian untuk penyediaan lahan.

Perlunya RSU di Krayan, karena selama ini warga yang sakit keras di sana, dibawa berobat ke Serawak Malaysia. Jarah ke Nunukan cukup jauh, apalagi belum bisa ditembus jalan darat. Sementara untuk transportasi udara juga punya daya angkut yang terbatas dan jadwalnya pun tidak menentu. Selama ini, warga Krayan mendapat layanan kesehatan di Puskesmas saja.

Untuk RSU di Sebuku, direncanakan memiliki 20-30 kamar. Untuk itu Pemkab Nunukan selain merencanakan pembebasan laham juga menyiapkan pasokan listrik, pasokan air bersih dan infrastruktur jalan. #Yusuf Palimbongan

Print Friendly

Comments

comments

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed