by

Tim Patroli TNI Temukan 371 Patok Perbatasan RI-Malaysia di Krayan

SAMARINDA, beritakaltara.com- Tim Patroli patok perbatasan Satgas Pamtas RI-Malaysia Yonif Raider 613/Raja Alam (Rja) berhasil menyelesaikan tugas patroli patok perbatasan RI-Malaysia. Sebanyak 371 patok di area blank post (area yang belum pernah terpatroli) ditemukan di wilayah Kecamatan Krayan Kabupaten Nunukan Provinsi Kaltara, Kamis (28/2/2019).

Kegiatan patroli patok perbatasan tersebut mulai dilaksanakan sejak awal bulan hingga akhir Februari lalu. Dimulai dari patok C700 hingga patok C482, Tim yang dipimpin oleh Lettu Inf Solo Atmanegara, Danpos Long Midang didampingi oleh Perwira Topografi, Letda Ctp Yudi bergerak menyusuri medan yang cukup sulit dengan cuaca yang ekstrim. Patroli itu untuk menemukan patok yang sejak tahun 1977 belum pernah terpatroli, sekaligus memantau dan mengawasi wilayah blank post area yang sudah 42 tahun hampir tidak terjamah oleh manusia.

Dansatgas Pamtas Yonif Raider 613/Rja, Letkol Inf Fardin Wardhana mengungkapkan rasa hormat dan bangga atas keberanian para prajurit yang melaksanakan patroli patok blank post area. Dengan berlandaskan tekad kuat sebagai pasukan penjaga perbatasan, tugas tersebut dapat dijawab dengan baik.

Untuk mencapai patok-patok perbatasan RI-Malaysia, para prajurit TNI itu harus melewati jalan setapak demi setapak. Menurut catatan, patok perbatasan di kawasan Krayan tersebut selama hampir 42 tahun tidak dipatroli bahkan dengan menggunakan helikopter, dikarenakan medan tersebut relatif tertutup kabut sepanjang hari.

Dansatgas juga mengatakan perjalanan yang ditempuh oleh jajarannya dalam operasi tersebut mencapai sekitar  80 km pulang pergi dengan ketinggian medan antara 1.200 – 1.997 meter di atas permukaan laut (DPL)  dengan suhu berkisar 7 – 13 derajat pada malam hari dan 18 – 23 derajat pada siang hari.

“Umumnya patok perbatasan tersebut masih bagus hanya ada beberapa yang miring dan tertimbun baik tanah karena longsor maupun reruntuhan kayu,” ujarnya.

Semua patok kini telah dipastikan keberadaannya, dibersihkan dan diberi tanda oleh Tim. “Semoga misi ini dapat menjadi acuan dan semangat untuk Satgas berikutnya untuk dapat memantau dan mengawasi patok di perbatasan Negara RI-Malaysia dalam rangka menjaga kedaulatan wilayah NKRI”. #Sumber Penrem 091/ASN

Print Friendly

Comments

comments

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed