by

Ini Sosok Brigjen TNI Richard HT Tampubolon, Kasdam VI Mulawarman yang Baru

SAMARINDA, beritakaltara.com- Mutasi jabatan besar-besaran di tubuh TNI (Tentara Nasional Indonesia). Salah satunya adalah posisi Kasdam (Kepala Staf Kodam) VI Mulawarman yang kini dijabat Brigjend HT Tampubolon SH, MM.

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto melakukannya untuk 81 perwira tinggi (pati) di tiga matra, Angkatan Darat (AD), Angkatan Laut (AL) dan Angkatan Udara (AU). Mutasi pada Kamis (29/11/2018) tersebut berdasarkan Surat Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/1240/XI/2018, tertanggal 29 November 2018.

Total sebanyak 81 pati TNI yang dimutasi. Sebanyak 45 Pati dari TNI Angkatan Darat, 16 Pati dari TNI Angkatan Laut dan 20 Pati dari TNI Angkatan Udara.

“Mutasi jabatan di lingkungan TNI dalam rangka memenuhi kebutuhan organisasi dan pembinaan karier Perwira Tinggi, guna mengoptimalkan tugas-tugas TNI yang semakin kompleks dan dinamis. Oleh karena itu, TNI melakukan upaya peningkatan kinerja melalui mutasi dan promosi jabatan personel di tingkat Perwira Tinggi TNI,” demikian keterangan tertulis Mabes TNI yang diterima di Jakarta.

Brigjen Richard H.T Tampubolon sebelumnya Wadanjen Kopassus. Dia menjadi Kasdam VI Mulawarman menggantikan Brigjen Teguh Pujo Rumekso yang kini menempati posisi  Danpussenif Kodiklatad. Sementara posisi Wadanjen Kopassus yang ditinggal Richard diisi oleh Kolonel Inf Mohamad Hasan dari Danrem 061/SK (Bogor) Kodam III Siliwangi.

Dari Wikipedia mencatat, Brigadir Jenderal TNI Richard TH Tampubolon, S.H., M.M, merupakan alumnus Akademi Militer tahun 1992. Selain pernah menjabat Wakil Komandan Jenderal Komando Pasukan Khusus, suami dari Eka Mey Selly ini juga pernah menjabat Komandan Korem 023/Kawal Samudera.

Tanggal 15 Oktober 2018 lalu, Richard dan keluarga baru saja kehilangan ayahnya yang cukup dikenal di Palembang sebagai pengusaha, Mula Jadi Tampubolon. Selain Richard, adiknya juga menimba karir di dunia militer, yakni LetKol Cba Benny Tampubolon yang kini Kabekang Dam II/SWJ. #le

Print Friendly

Comments

comments

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed