by

Desa di Kaltara Raih Juara Nasional

JAKARTA, beritakaltara.com – Beberapa desa di Kalimantan Utara (Kaltara) meraih penghargaan dalam Lomba Desa Tingkat Nasional 2018. Salah satunya Desa Maspul, Kecamatan Sebatik Tengah yang mendapatkan juara terbaik III nasional.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kaltara Wahyuni Nuzband mengatakan, lomba ini diprakarsai oleh Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes-PDTT). Tujuannya untuk memotivasi, sekaligus memberikan penghargaan dan apresiasi, serta membudayakan semangat membangun desa. “Selain melaksanakan lomba desa terbaik, juga ada lomba tenaga pendamping desa profesional,” kata Wahyuni yang hadir dalam penganugerahan penghargaan tersebut di Jakarta, Kami (29/11).

Adalah Suksoro, Pendamping Lokal Desa (PLD) Kabupaten Malinau yang meraih PLD Terbaik wilayah Indonesia Tengah dan Agus Salim, Kepala Desa Maspul Kecamatan Sebatik Tengah Kabupaten Nunukan meraih terbaik 3 Lomba Desa kategori Prakarsa dan Inovasi Desa Tingkat Nasional Tahun 2018.

Untuk lomba desa sendiri, selain kategori Prakarsa dan Inovasi Desa, ada 3 lomba yang semisal walau belum meraih juara. Namun setidaknya ada beberapa desa lain yang berprestasi masuk 17 besar. Dan tetap diberikan penghargaan. “3 desa di Kaltara mendapatkan penghargaan itu. Yakni, Desa Karang Agung Kecamatan Tanjung Palas Utara, Bulungan, Desa Long Sule Kecamatan Kayan Hilir, Malinau dan Desa Bukit Aru Kecamatan Sebatik Timur. Masing-masing mendapatkan hadiah Rp 50 juta untuk Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) di desanya,” kata Wahyuni.

Selain itu, lanjutnya, pada kegiatan tersebut diumumkan juga 1 desa peraih Indeks Desa Mandiri (IDM) tertinggi di setiap provinsi. Untuk Kaltara, diperoleh Desa Sungai Nyamuk, Kecamatan Sebatik Timur, Kabupaten Nunukan yang diberikan hadiah Rp. 150 juta untuk membantu BUMDes-nya. “Prestasi ini merupakan buah dari kerja keras oleh semua masyarakat, termasuk jajaran pemerintah daerah, mulai dari provinsi, kabupaten, kecamatan hingga desa. Yang tidak kalah pentingnya, berkat motivasi dan dukungan yang Gubernur Kaltara berikan,” tutupnya.(humas)

 

Print Friendly

Comments

comments

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed