Search
Tuesday 19 June 2018
  • :
  • :

Pasar Ramadhan Inhutani Dikelola Dinas Koperasi dan UKM Nunukan

NUNUKAN, beritakaltara.com- Ramadhan telah tiba, umat Islam pun mulai mempersiapkan segala hal dalam menjalankan ibadah puasa mulai dari sahur hingga berbuka. Untuk memenuhi kebutuhan takjil, Dinas Koperasi dan UKM bekerjasama dengan sejumlah BUMN melaksanakan pasar ramadhan.

Pasar Ramadhan yang berada di depan gedung UKM pasar Inhutani dibuka oleh Sarinah, selaku Sekretaris Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Nunukan, Kamis (17/05) pukul 16:00 wita. Pasar diisi oleh pelaku usaha yang selama ini dibina oleh Dinas Koperasi dan UKM.

“Pasar ramadhan ini sebenarnya sudah ada tiap tahunnya, namun tahun-tahun yang kemarin itu dari swadaya masyarakat, maka tahun ini kami mencoba meringankan beban dan memberikan fasilitas kepada para pelaku usaha ini. Awal mulanya kita ingin tempatkan di halaman pasar Jamaker, namun kondisinya belum siap, masih banyak bangunan yang belum dibersihkan makanya kita tempatkan di depan UKM pasar Inhutani ini,” ujarnya, Kamis (17/05/2018).

Hadirnya pasar ramadhan ini diharapkan menjadi sebuah daya tarik tersendiri bagi masyarakat Nunukan disela-sela menjalankan ibadah dibulan suci ramadhan ini. Kebutuhan takjil untuk berbuka seperti mie goreng, tahu isi hingga menu jajanan kukus yang tersedia serta minuman segar bisa masyarakat dapatkan.

Selain di depan gedung UMKM, pasar ramadhan pasar ramadhan juga dilaksanakan diseputaran Blok 3 serta sejumlah lokasi lainnya.

“Untuk pasar ramadhan yang berada di Blok 3 setahu saya itu swadaya masyarakat dimana mereka membentuk sebuah kelompok, dikarenakan di sana memang sudah lama berjalan setiap ramadhan tiba. Dan untuk yang di tanah merah baru tahun ini difasilitasi oleh pemerintah daerah. Sedangkan tahun lalu itu masih swadaya masyarakat yang ingin berjualan disini,” imbuh Sarinah.

Pasar Ramadhan yang dikelola oleh Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Nunukan tidak hanya menyediakan jajanan untuk berbuka puasa saja, namun juga akan menyediakan pakaian-pakaian serta aksesoris yang akan diperjual belikan oleh para pelaku usaha dimalam harinya.

Bagi pedagang yang biasa berjualan di Alun-alun kota Dinas Koperasi dan UMKm membatasi jenis jualam mereka.

Untuk pelaku usaha di Alun-alun kota yang setiap harinya buka, pihaknya membatasi buka pada pukul 4 sore hingga malam. Juga tidak menambah menu jualan sebelumnya selain yang telah disepakati.

”Semua itu kita lakukan hanya untuk mengantisipasi membludaknya pembeli dan tidak terjadi kemacetan di Alun-alun kota. Sekaligus juga agar tidak mematikan pasar ramadhan yang sudah berjalan sejak lama, mengingat pasar ramadhan hanya ada 1 bulan sekali setiap tahunnya disaat tiba bulan suci ramadhan saja,” ucap Sarinah yang berharap pasar ramadhan ini terus berjalan setiap tahunnya dan bisa lebih baik lagi nanti kedepannya.

Untuk menyelenggarakan Pasar Ramadhan, Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Nunukan juga menggandeng PT. Pegadaian, Bank BRI, Bank BNI dan Bank Kaltimtara dengan memberikan fasilitas-fasilitas yang dibutuhkan pedagang. #HBM/ Foto: MRP

Print Friendly

Comments

comments




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *