by

Bupati Nunukan Rapat Realisasi DAK 2018 dan Usulan 2019

NUNUKAN, beritakaltara.com- Minggu lalu, telah diadakan asistensi konsolidasi data dasar dalam rangka optimalisasi Pendapatan Daerah melalui dana perimbangan yang dihadiri oleh perwakilan Kemendagri dan Kemenkeu, serta Bupati Nunukan dengan beberapa Kepala OPD terkait di Hotel Rivoli Jakarta (3/4/2018).
Dari kegiatan ini, dapat dikatakan formulasi fiskal Kabupaten Nunukan Tahun 2019 akan lebih baik jika memperhatikan beberapa hal, seperti akurasi data, konsistensi tepat waktu sesuai regulasi, akuntabilitas/WTP, dan tata kelola pemerintahan berbasis IT (e-Gov).
Dari asistensi tersebut, Bupati Nunukan Hj. Asmin Laura Hafid mengadakan rapat bersama dinas terkait pada hari ini (12/4) sebagai tindak lanjut di daerah. Dalam rapat yang berlangsung di Ruang Pertemuan VIP Lantai IV Kabupaten Nunukan, dipaparkan usulan Dana Alokasi Khusus (DAK) Tahun Anggaran (TA) 2019, pembahasan dan verifikasi usulan DAK TA 2019 dan penyampaian capaian program DAK TA 2018 oleh dinas terkait.
Rapat ini dipimpin langsung oleh Bupati Nunukan, didampingi oleh Asisten Ekonomi dan Pembangunan dan Kepala Bappeda Nunukan. “Kemarin saya ikut rapat dengan Kemendagri terkait DAK. Kita harus merevisi data,” terang Laura diawal rapat.
Sebelum Kepala Dinas atau yang mewakili memulai pemaparannya, Laura berpesan agar masing-masing dinas dapat mengintegrasikan dengan programnya di tahun depan sehingga bisa berjalan bersamaan dan selesai tahun depan.
Selanjutnya, kepala dinas terkait atau yang mewakili memaparkan usulan DAK TA 2019 dan capaian DAK tahun 2018 ini di depan Bupati Nunukan dan peserta rapat lainnya.
Dimulai dengan Dinas Lingkungan Hidup (DLH), yang menyampikan bahwa tahun ini dinas mereka tidak ada DAK. Namun, untuk tahun 2019 mendatang DLH mengusulkan beberapa hal dalam DAK yaitu revitalisasi armada persampahan, peningkatan kapasitas pengelolahan sampah, mengusahakan percepatan akreditas laboratorium lingkungan yang akan menjadi laboratorium lingkungan pertama di Kaltara.
“Tahun ini kami fokus mengembangkan Bank Sampah. Sampai hari ini ada 22 Bank Sampah di Kabupaten Nunukan untuk membantu daur ulang. Namun kendala kami adalah pemilahan sampah,” ungkap Joned selaku Kabid Persampahan.
Kemudian dari Dinas Perdagangan mengusulkan revitalisasi beberapa pasar, pengecekan timbangan perdagangan di pasar-pasar setiap 6 bulan, serta pembangunan gedung UPT. Kepala Dinas Perdagangan juga meminta data-data update dari Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) dan Dinas Perikanan agar bisa berkoordinasi dengan perdagangan.
“Produksi dari UMKM agar dilaporkan ke perdagangan agar dibantu dicarikan pasarnya. SKPD yang punya produksi juga bisa disampaikan ke perdagangan,” ujar Kepala Dinas Perdagangan Jabbar.
Sedangkan dalam paparan Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Syafaruddin menjelaskan laporan DAK fisik 2017 dan 2018, serta usulan DAK 2019 yang masih akan menambah pembangunan di kawasan Binusan sebagai tempat wisata Kabupaten Nunukan.
“Karena ini berbicara masalah wisata, harus menarik. Desain-desainnya, tunjukkan karakter daerah kita. Harus ditonjolkan supaya kita terbiasa dengan budaya kita,” kata Laura menanggapi paparan Syafaruddin.
Selanjutnya Dinas Koperasi, UKM dan Perindustrian, DPKP, Dinas Perikanan, Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Dinas Perhubungan, Dinas P3AP2KB, Dinas PUPRPKP, serta Dinas Perpustakaan dan Kearsipan memaparkan usulan DAK 2019 dinasnya masing-masing.
Usai pemaparan, Bupati Nunukan berpesan agar yang telah disampaikan hari ini dapat segera ditindaklanjuti. “Seluruh SKPD harus terbuka. Buka saja komunikasi dan saling berkoordinasi. Laporan dan administrasi saya minta tepat waktu. Tahun ini jika ada dinas yang ada keterlambatan, kita beri teguran. Karena di pusat menuntut disiplin waktu apalagi sekarang sudah melalui sistem,” tegas Laura. “Pak Asisten dan Kepala Bappeda, tolong ditindaklanjuti. Semoga bermanfaat untuk pembangunan di Kabupaten Nunukan,” tutupnya. #RDJ/foto:ATY
Print Friendly

Comments

comments

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed