Search
Tuesday 22 May 2018
  • :
  • :

Ribuan Pil Koplo Racuni Anak Pedalaman Kaltim

Pil koplo hasil tangkapan.

SAMARINDA, beritakaltara.com- Para orang tua yang memiliki anak remaja perlu berhati-hati dan mewaspadai maraknya peredaran obat keras jenis double L atau biasa disebut pil koplo.

Obat yang biasa dikonsumsi orang gila ini sengaja diedarkan ke daerah perkampungan pedalaman Kaltim untuk meracuni kalangan anak muda. Tentu saja pil koplo ini diperjualbelikan sebagaimana yang terungkap dalam fakta persidangan di Pengadilan Negeri Samarinda, Senin (29/1/18)

Sepasang kekasih nekat menjadi pemasok dan mengedarkan obat terlarang ini tanpa izin dari pihak  berwenang.

Dia adalah Saiful Anwar (38) warga jalan Jelawat Gg 4, Kecamatan Samarinda Ilir, diajukan ke meja hijau lantaran kedapatan petugas memiliki ribuan pil koplo saat dilakukan penggeledahan di jalan Muso Salim Gg 07 dikediaman, Sulistya, Sabtu (15/4/17) lalu.

Awalnya penggeledahan tersebut dilakukan berkaitan kasus pencurian motor yang melibatkan terdakwa Saiful dan Sulistya yang kini menjadi buronan polisi (DPO).

Dihadapan Ketua Majelis Hakim Abdul Rahman Karim didampingi hakim anggota Maskur dan Ahmad Rasid Purba, terdakwa mengaku ribuan pil koplo tersebut milik Sulistya yang tak lain adalah pacarnya sendiri.

Terdakwa Saiful menerangkan kalau dirinya hanya mengantarkan pil koplo itu sampai ke Kutai Barat dengan mendapatkan upah Rp300.

Pil Koplo ini selanjutnya diterima Sulistya dan kemudian mengedarkannya ke Kampung-kampung. “Saya sempat dua kali mengantar barang ini kesana,” ucap Saiful didepan hakim dan JPU Dian Anggraeni.

Atas perbuatan terdakwa yang turut serta mengedarkan sediaan farmasi tanpa izin sebagaimana diatur dan diancam pidana dalam pasal 196 UU No 36 tahun 2009 tentang Kesehatan Jo pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP. #ib

Print Friendly

Comments

comments




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *