by

Acara Budaya Pesta Pantai Perlu Dilestarikan

TRADISI : Wagub Kaltara H Udin Hianggio mewakili Gubernur Kaltara Dr H Irianto Lambrie menghadiri puncak peringatan Hari Nusantara 2017 dan Pesta Pantai di Pantai Cemara Mangkupadi, Kecamatan Tanjung Palas Timur, Sabtu (9/12).

TANJUNG SELOR, beritakaltara.com – Ratusan warga Mangkupadi, Kecamatan Tanjung Palas Timur, Bulungan dan sekitarnya, tumpah ruah memenuhi Pantai Cemara di desa tersebut, Sabtu (9/12) lalu. Hari itu, ada event besar yang dilaksanakan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Utara (Kaltara) di pantai tersebut. Yaitu puncak peringatan Hari Nusantara 2017, yang dirangkaikan dengan Pesta Pantai, sebuah tradisi adat masyarakat setempat.

Berbagai hiburan dan perlombaan dilaksanakan untuk memeriahkan dua kegiatan tersebut. Ada lomba mancing, balap perahu, hingga bersih-bersih pantai. Juga hiburan untuk masyarakat, serta puncak acara, yaitu berupa prosesi adat melepas miniatur perahu ke laut.

Wakil Gubernur (Wagub) Kaltara H Udin Hianggio yang hadir mewakili Gubernur Kaltara H Irianto Lambrie mengaku cukup terkesan dengan berbagai kegiatan yang dilaksanakan tersebut. Utamanya, tradisi Pesta Pantai yang merupakan acara budaya warisan lelulur yang patut dilestarikan.

Menurut Wagub, acara ini harus terus dilestarikan. Pemerintah daerah, utamanya Pemprov Kaltara sangat mendukung kegiatan tersebut. “Ini merupakan kegiatan positif. Tak hanya sebagai upaya mempertahankan atau melestarikan adat dan budaya masyarakat. Melalui Pesta Pantai ini juga bisa menjadi daya tarik wisata ke Kaltara,” ujar Wagub.

Tak hanya itu, lanjutnya, melestarikan budaya juga penting terhadap generasi penerus kita ke depan. Di mana dengan seni budaya, akan membuat hidup menjadi berwarna dan indah. “Ada tiga hal yang bisa menjadikan hidup kita lebih baik. Dengan ilmu hidup menjadi mudah, dengan seni dan budaya hidup menjadi indah. Dengan agama hidup menjadi terarah. Ini harus kita tanamkan ke anak-anak kita, sehingga ke depan akan terlahir pemimpin-pemimpin yang bisa membawa masyarakat sejahtera,” ungkapnya.

Dalam kesempatan itu, H Udin juga mengimbau kepada masyarakat, terutama warga Tanjung Palas Timur (Mangkupadi dan sekitarnya), untuk senantiasa menjaga kedamaian, kerukunan dan persatuan bersama. Apalagi berkaitan dengan rencana Pemprov membangun kawasan industri di wilayah tersebut. Wagub mewakili Pemprov Kaltara, meminta kepada masyarakat untuk mendukung penuh rencana itu. Pasalnya, pembangunan kawasan industri yang nantinya akan mendatangkan banyak investor akan berdampak positif kepada masyarakat. “Lapangan kerja terbuka. Tidak hanya itu, ekonomi warga juga akan terangkat. Karena sudah pasti, dengan terbangunnya industri, daerah sekitar akan mendapat dampak positif secara ekonomi,” ulas Wagub.

Selain lomba dan hiburan masyarakat, dalam kegiatan Hari Nusantara dan Pesta Pantai di Mangkupadi juga dilakukan penyerahan beberapa bantuan. Di antaranya bantuan alat tangkap nelayan, seperti Fish Finder, Global Position System (GPS), Generator Set (Genset) dan lainnya kepada para nelayan di Kaltara. Kemudian ada bantuan peralatan pendukung pariwisata kepada beberapa daerah potensi wisata.(humas)

Print Friendly

Comments

comments

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed