Search
Wednesday 17 January 2018
  • :
  • :

Gubernur Minta Sukseskan Pertemuan BIMP-EAGA

Ritual adat tepung tawar menyambut delegasi pertemuan tingkat menteri BIMP-EAGA ke-21 di Tarakan.

JAKARTA, beritakaltim.co– Pertemuan tingkat menteri Brunei Darussalam-Indonesia-Malaysia-Philipines East ASEAN Growth Area (BIMP-EAGA) dan pertemuan terkait ke-21 mulai digelar di Tarakan, Kamis (30/11).

Event internasional ini diawali dengan pertemuan tingkat senior official (SO) dari setiap delegasi yang hadir, termasuk Indonesia di Swiss-Belhotel Tarakan.

Terkait pertemuan ini, Gubernur Kaltara Dr H Irianto Lambrie menginstruksikan kepada seluruh asisten, kepala organisasi perangkat daerah untuk membantu menyukseskan penyelenggaraannya.

“Rencananya, Menko (Menteri Koordinator) Bidang Perekonomian Darmin Nasution akan hadir memimpin pertemuan ini,” kata Gubernur.

Gubernur juga mengarahkan secara khusus kepada Wakil Gubernur (Wagub) Kaltara H Udin Hianggio, Sekretaris Provinsi (Sekprov) Kaltara H Badrun dan Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Sekretariat Provinsi (Setprov) H Syaiful Herman untuk mengoordinasikan pelaksanaan penyelenggaraan pertemuan ini dengan berbagai pihak terkait.

“Pertemuan tingkat menteri BIMP-EAGA ke-21 ini merupakan tanggung jawab dan menyangkut nama baik Pemprov Kaltara selaku tuan rumah penyelenggara. Ini juga berarti menjadi kehormatan bagi kita. Saya minta arahan ini dilaksanakan sebagaimana mestinya,” ucap Irianto.

Berdasarkan list kedatangan peserta pertemuan dari panitia, sebanyak 146 orang delegasi dari keempat negara, termasuk panitia pusat dari Kementerian Koordinasi (Kemenko) Bidang Perekonomian akan menghadiri pertemuan tersebut.

Untuk petinggi yang akan hadir, tercatat Menko Perekonomian Darmin Nasution, Dato Eryawan Yusof (menteri dari Brunei Darussalam), Dato Sri Devamany S Krishnasamy (menteri dari Malaysia), Dato Hj Abdul Dangdal Alonto (menteri dari Filipina), Ramesh Subramaniam (menteri dari Asian Development Bank/ADB), dan Dr AKP Mochtan (Menteri dari ASEAN Secretariat/ASEC).

Selain itu, juga hadir Datuk Rozman Bin Datuk Haji Isli (Gubernur Perbadanan Labuan, Malaysia), Tun Pehin Sri Abdul Taib Mahmud (Gubernur Serawak, Malaysia), Juhan Mahiruddin (Gubernur Sabah, Malaysia), dan Jose C Alvarez (Gubernur Palawan, Filipina).

“Kedatangan para menteri dan gubernur itu dijadwalkan pada 2 Desember nanti. Setelahnya, pada 3 Desember mereka akan mengikuti rapat tingkat menteri yang membahas sejumlah hal terkait BIMP-EAGA,” kata Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP) Kaltara RDM Johan J Mulyadi.

Gubernur Kaltara Dr H Irianto Lambrie turut dijadwalkan hadir dalam pertemuan tersebut, selaku tuan rumah penyelenggara. “Di pertemuan ini, akan dibahas proses percepatan pembangunan kawasan yang berbatasan di keempat negara. Dan, Kaltara merupakan wilayah yang memiliki kawasan perbatasan terlengkap. Baik batas udara, laut, dan darat,” urai Johan.

Lewat event ini Kaltara berkesempatan untuk mempromosikan berbagai peluang ekonomi yang ada. Termasuk, peluang investasi yang potensial dan tengah digencarkan Pemprov Kaltara belakangan ini. (humas)

Print Friendly

Comments

comments




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *