Search
Tuesday 21 November 2017
  • :
  • :

Pemuda Harus Maju dan Berjuang

TANJUNG REDEB, beritakaltara.com- Pemerintah Kabupaten Berau menggelar upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-89, Jumat (27/10) kemarin. Bertempat di Lapangan Pemuda Tanjung Redeb, upacara ini berlangsung dengan khidmat dan lancar. Meskipun upacara ini digelar sehari sebelum Hari Sumpah Pemuda 28 Oktober besok, tapi tak menggurangi antusias para pemuda yang hadir.

Bupati Berau, H Muharram SP.d langsung menjadi inspektur upacara. Kegiatan dihadiri juga Wakil Bupati, H Agus Tantomo, Kapolres Berau AKBP Andi Ervyn, Dandim 0902/TRD Letkol CPN Rony Nuswantoro, Kajari Tanjung Redeb Digdiyono Basuki Susanto, seluruh pimpinan Organisasi perangkat Daerah (OPD), pelajar dan organisasi masyarakat.

Sama seperti tahun-tahun sebelumnya, dalam upacara peringatan ini para peserta yang hadir menggunakan pakaian adat nusantara. Yang dimaksudkan sebagai simbol pemersatu bangsa. Meskipun ada perbedaan dari masing-masing daerah namun tetap bersatu dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Dalam Sambutan Meteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) yang dibacakan Bupati Muharram,pemuda diminta untuk maju dan berjuang dalam mempersatukan bangsa. Segala perbedaan  yang ada harus dihilangkan demi mewujudkan cita-cita para pendiri bangsa.

Dia mengingatkan, berbagai dimensi yang harus diwaspadai muncul dari semua sektor, meliputi dimensi geografi, demografi, sumber daya alam, hingga sektor  ideologi, politik, ekonomi, sosial budaya, radikalisme serta pertahanan dan keamanan.

Sasaran utama penyebaran paham ini, kata dia adalah generasi muda Indonesia. “Selama ini banyak sekali informasi radikal dari dunia maya yang mudah diakses oleh semua kalangan, termasuk diantaranya anak-anak,” ungkapnya.

Bupati Muharram juga mengatakan, mentalitas para pemuda harus terus dibangun, agar menjadi pemuda – pemuda yang unggul,  berkarakter, berkapasitas,  dan berdaya saing sehingga dapat berkompetisi dalam persaingan global.  Hal itu pastinya sejalan dengan revolusi mental yang dicanangkan Presiden Joko Widodo,  dimana ciri pemuda yang maju adalah pemuda yang berkarakter, berkapasitas,  serta berdaya saing.  Mengakhiri sambutannya Bupati Muharram,    agar semangat para pemuda 89 tahun yang lalu,  dapat menjadi obor penyemangat bagi pengabdian pemuda Indonesia,  untuk bangsa dan tanah air . harapnya. #MAR

Print Friendly

Comments

comments




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *