Search
Monday 23 October 2017
  • :
  • :

Ratusan Sekolah Rusak di Kabupaten Bulungan

TANJUNG SELOR, beritakaltara.com- Ratusan sekolah di Kabupaten Bulungan, Kalimantan Utara, mengalami kerusakan. Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Bulungan, Yunus Luat mengungkapkan,
248 sekolah mulai PAUD hingga SMP mengalami kerusakan diantaranya 102 sekolah mengalami rusak sedang, 104 rusak berat dan 42 sekolah rusak total.

“Total sekolah yang ada di Kabupaten Bulungan sebanyak 363 sekolah, meski rusak proses belajar mengajar tetap berjalan,” ungkapnya.

Dikatakannya, kurangnya pihak sekolah yang aktif melaporkan kerusakan sekolah melalui sistem pengimputan data pokok pendidikan (Dapodik) pada kolom sarana dan prasana, membuat sekolah yang rusak tidak terakomodir pada bantuan dari pemerintah pusat melalui dana alokasi khusus (DAK).

“Jika dapodik tidak dilengkapi dengan kondisi sarana dan prasana sekolah, maka sekolah yang rusak tak kunjung mendapat bantuan. Kalau mengharapkan Pemkab Bulungan sulit, karena keterbatasan anggaran,” kata Yunus.

Dijelaskannya, salah satu cara untuk bisa memperbaiki sekolah yakni melalui dana APBN. Selain itu  pihak sekolah diharapkan tidak hanya mengisi data sertifikasi dan jumlah siswa untuk mendapatkan bantuan dana operasional sekolah nasional (Bosnas), tetap juga mengisi kolom sarana dan prasana sekolah untuk layanan pendidikan.

“Semua operator sekolah di seluruh kecamatan yang ada di Kabupaten Bulungan sudah kita panggil untuk segera mengisi dapodik,kalau ada yang rusak bilang rusak, kalau rusaknya berat bilang rusak berat, supaya kita bisa dapat bantuan dari APBN melalui DAK. Sebab, anggaran yang diusulkan Disdikbud akan diverifikasi oleh pusat melalui dapodik,operator sekolah sering tidak memperhatikan item saran dan prasarana,” jelasnya.

Ia menegaskan, untuk kebutuhan sarana dan prasarana sekolah pada tahun anggaran 2018, Disdikbud mengusulkan dana sekitar Rp 17 miliar untuk tingkat SD dan Rp 24 miliar untuk SMP. Namun, semuanya tergantung dari Dapodik.Untuk tahun ini, Dinas Pendidikan Bulungan tahun ini mendapatkan bantuan DAK dan bantuan pemerintah pusat sekira Rp 1 miliar.

“Dana yang di usulkan bisa bertambah dan  berkurang,pihak sekolah jika sudah mendapatkan anggaran harus  swakelola dan harus dikerjakan semaksimal mungkin. Surat pertanggungjawaban juga dibutuhkam,kalau tidak ada SPj kita dipenalti hingga tidak dapat bantuan selama 2 tahun berturut-turut,” pungkasnya. #VR

Print Friendly

Comments

comments




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *