Search
Wednesday 13 December 2017
  • :
  • :

Sehari, 3 Ton Kepiting Dikirim ke Tawau Malaysia

Kapal pengangkut kepiting dari Nunukan ke Tawau Malaysia.

NUNUKAN, BERITAKALTARA.COM- Tingginya nilai ekonomis kepiting di Kota Tawau Malaysia membuat membuat pengiriman komoditas kepiting melalui Dermaga Batu Sei Pancang di perbatasan Kecamatan Sebatik, Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara berlangsung terus. Petugas Stasiun Karantina Ikan Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan Kelas II Tarakan (KIPM), Umar, mengatakan, dalam satu hari lebih dari 3 ton kepiting jantan dikirim ke Kota Tawau Malaysia.

“Setiap hari antara 2 sampai 3 ton dikirim ke Tawau. Kalau hari minggu libur karena Tawau kan tutup,” ujarnya, Jumat (11/08/2017).

Umar mnambahkan, lebih dari 3 perahu setiap hari mengantri untuk mendapatkan perizinan di Dermaga Batu Sebatik Kabupaten Nunukan sebelum menuju kota Tawau Malaysia. Pemeriksaan oleh petugas KIPM untuk memastikan bahwa kepiting yang dikirm ke Kota Tawau bukan kepiting betina yang bertelur, karena selain dilarang harga yang cukup tinggi di Negara Malaysia disinyalir membuat upaya penyelundupan cukup tinggi.

” Kita periksa dulu di sini, memastikn bahwa kepiting yang dibawa ke Tawau Malaysia adalah kepiting jantan,” imbuhnya.

Sementara salah satu ABK kapal pengangkut kepiting Ridwan mengakui jika harga kepiting betina lebih tinggi dari kepiting jantan. Untuk satu kotak stryofoam yang berisi 23 hingga 27 kepiting nilai mencapai 3 juta rupiah, sementara kepiting jantan hanya berkisar 1,5 hingga 2 juta rupiah.

“Ada perbedaan memang harganya, tapi kami tahu kepiting betina dilarang pemerintah,” ujarnya.

Ridwan mengaku jika permintaan kepiting dari Kota Tawau Malaysia meningkat 2 tahun terakhir.

Menurutnya pengusaha lebih memilih mengirim kepiting ke Tawau Malaysia karena ongkos pengiriman lebih murah jika dibandingkan dengan pengiriman ke Jakarta. Apalagi komoditas kepiting pembayarannya juga lebih cepat dibandingkan dengan pembayaran komoditas ikan.

”Kalau ke Jakarta ongkosnya per kotak 50 ribu, kalau ke Malaysia cuma 15 ringgit, lagian hari ini dikirim besok langsng dibayar. #dhi

Print Friendly

Comments

comments




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *