Search
Wednesday 13 December 2017
  • :
  • :

Dua Tahun, Rumah Sakit Pratama di Pedalaman Nunukan Mangkrak

NUNUKAN, BERITAKALTARA.COM– Rumah Sakit Pratama yang dibangun di wilayah perbatasan Kecamatan Krayan Kabupaten Nunukan Kalimantan Utara dibiarkan mangkrak oleh pemerintah daerah. Padahal rumah sakit tersebut telah selesai pengeerjaannya sejak tahun 2014.

Camat Krayan Barat Yuni Sere mengatakan, sejak selesai dibangun tidak ada kelengkapan peralatan maupun tenaga medis yang ditempatkan di wilayah perbatasan tersebut.

Padahal warga sangat membutuhkan keberadaan rumah sakit pratama tersebut, karena untuk mengakses layanan kesehatan warga hanya bisa menggunakan pesawat terbang ke Rumah Sakit di Tarakan maupun Rumah Sakit di Malaysia.

“Kalau bangunan sudah ok, sudah selesai, tuntas. Sarana prasarana di dalam itu yang belum ada. Listrik juga tidak ada. Masyarakat juga banyak yang bermohon bagaimana rumah sakit itu bisa berfungsi,“ ujar Camat Krayan Barat Yuni Sere, Jumat (05/08/2017).

Akibat tidak adanya rumah sakit di wilayah perbatasan, banyak warga yang kesulitan mengakses layanan kesehatan. Bahkan ada warga yang meninggal saat akan dirujuk ke rumah sakit di Kota Tarakan maupun rumah sakit di Negara Malaysia karena jauh dan sulitnya moda transportasi dari kecamatan Krayan menuju rumah sakit terdekat.

“Bulan Mei, saya punya ipar hamil pendarahan di puskesamas. Tidak sempat dibawa ke Tarakan ya meninggal sama bayinya,“ imbuh Yuni Sere.

Kekecewaan warga Kecamatan Krayan terhadap mangkraknya bangunan rumah sakit membuat mereka mengusulkan pemerintah daerah Kabupaten Nunukan menganggarkan hingga Rp20 milyar dalam APBD Nunukan tahun 2018 mendatang untuk mengisi kebutuhan peralatan serta tenaga medis di rumah Sakit Pratama tersebut.

Sayangnya tidak ada tanggapan terhadap usulan kecamatan Krayan dalam musrenbang tersebut.

“Ya usul saja secara global karena tidak tahu mau kemana cari referensi kebutuhan peralatan rumah sakit. Tapi usulan tersebut tidak masuk APBD 2018. Ini usulan karena rumah sakit pratama sudah dibangun lama tapi tidak difungsikan,” ucap Yuni.

Yuni Sere berharap pemerintah pusat melalui APBN bisa membantu memfungsikan rumah sakit Pratama di wilayah perbatasan Kecamatan Krayan.

Untuk mengantisipasi kerusakan bangunan karena tidak pernah difungsikan, pihak kecamatan akhirnya memanfaatkan bangunan rumah sakit tersebut dijadikan kantor pelayanan kecamatan. #dhi

Print Friendly

Comments

comments




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *