Search
Tuesday 24 October 2017
  • :
  • :

4 Desa di Hulu Sungai Kayan Bulungan Masih Terisolir

TANJUNG SELOR, beritakaltara.com- Minimnya infrastruktur akses jalan di hulu Sungai Kayan, Kabupaten Bulungan, Kalimantan Utara, membuat masyarakat yang tinggal di Kecamatan Tanjung Palas Barat, Peso Hilir dan Kecamatan Peso hanya mengandalkan transportasi jalur sungai.

Jaringan pemerhati pembangunan Kabupaten Bulungan,Jefri Yohanes Ndun mengungkapka, pada sisi kanan hulu Sungai Kayan, akses jalan yang terhubung ke kota Tanjung Selor baru sampai di Desa Long Pari melalui ruas jalan desa Pejalin. Namun, kondisi jalan masih berupa jalan tanah dengan perlintasan sungai masih menggunakan jembatan darurat dari kayu log.

“Masih ada 4 desa yang terisolir yakni Desa Long Bang, Long Bang Hulu, Long Lasan dan Desa Long Bia. Karena tidak ada akses jalan, aktifitas masyarakat hilir mudik dari desa ke kota kecamatan terhambat karena hanya menghandalkan angkutan sungai,” ungkapnya kepada beritakaltara.com.

Dijelaskannya, ribuan warga yang ada 4 desa itu berharap agar Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bulungan, memberikan perhatian khusus. Sebab, akibat tidak adanya insfratruktur jalan darat membuat warga kesulitan menjual hasil pertanian dan perkebunannya ke ibu kota kabupaten maupuan luar Kabupaten.

Tahun 2018, diharapkan Pemkab Bulungan bisa membuka akses jalan desa yang terisolir. Untuk membangun jalan menuju 4 desa itu diperkirakan membutuhkan anggaran sekitar Rp 75 milliar.

Ia menegaskan, pembangunan jalan di daerah yang terisolir harus jadi skala prioritas Pemkab Bulungan di tahun berikutnya. Terutama 4 desa di Hulu sungai Kayan yang masyarakatnya sudah lama mendambakan akses jalan yang memadai.

“Kami ingin agar apa yang menjadi keluhan masyarakat bisa dijadikan perhatian, karena pada saat menggalang aspirasi masih didominasi soal infrastruktur. Kami paham dan mengerti banyaknya kendala yang dirasakan oleh pemerintah, tetapi pembangunan harus tetap dijalankan.Kami berharap semua program infrastruktur desa dapat dijalankan sesuai dengan anggaran yang ada,”pungkasnya. #vir

Print Friendly

Comments

comments




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *