Search
Tuesday 21 November 2017
  • :
  • :

Anggaran Bawaslu Pilwali Tarakan belum Pasti

TARAKAN, beritakaltara.com- Hingga kini Pemerintah Kota (Pemkot) Tarakan, Kalimantan Utara,belum memberikan kepastian terhadap pengajuan anggaran operasional yang diusulkan oleh panitia pengawas pemilu kota Tarakan.Padahal,tahapan pemilihan kepala daerah (pilkada) yang diadakan di Tarakan, sudah mulai harus dipersiapkan.

Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kalimantan Utara, Siti Nuhriyati mengungkapkan, pihaknya telah menerima surat resmi dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) yang ditujukan kepada seluruh provinsi atau kabupaten yang akan melaksanakan pilkada pada 2018 mendatang.Pada isi surat tersebut menegaskan kewajiban pelaksanaan pendanaan pilkada,menjadi tanggung jawab masing-masing pemerintah daerah di Indonesia.

“Ini merupakan surat yang kesekian kalinya diberikan oleh Kemendagri. Sebelum surat pemanggilan kepala daerah atau yang mewakili, dalam menindaklanjuti persoalan pelaksanaan pilkada di daerah.Terkait Pilkada di Tarakan, supaya tidak membuat pusing pemerintah kota Tarakan. Panwaslu kota Tarakan sudah mengusulkan anggaran sejak 2016 lalu,”ungkapnya.

Dijelaskannya,melalui kepala sekretariat Bawaslu Kaltara.Pihaknya telah membuat proposal sesuai dengan standarsasi harga Pemkot Tarakan atas arahan sekretaris kota (sekkot) Tarakan, Firmananur.

“Tapi, setelah itu (proposal) kami serahkan. Sampai sekarang komisioner Bawaslu belum ada bertemu langsung dengan pihak pemkot Tarakan,” jelasnya.

Ia menegaskan,jumlah anggaran yang diajukan oleh Bawaslu kepada Pemkot Tarakan ialah sebesar Rp 6 milliar akan digunakan Panwas Kota Tarakan untuk mengawasi pelaksanaan Pillwali 2018 di kota Tarakan, serta membiayai anggaran hingga pada tingkat pengawas kota, Panwas kecamatan, pengawas pemilu lapangan (PPL) hingga pada pengarwas TPS.

“Pendanaan pilkada merupakan tugas dan tanggungjawab daerah,kalau misalnya Pemkot Tarakan tidak siap anggarannya untuk pilkada bagi penyelenggara, maka konsekuensinya tidak akan ada Pilkada dan tidak ada wali kota,” pungkasnya. #vir

Print Friendly

Comments

comments




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *