Search
Tuesday 24 October 2017
  • :
  • :

HTI Ada di Tarakan, Tapi tak Terdaftar Kesbangpol

TARAKAN, beritakaltara.com- Kantor Kesbangpol Kota Tarakan, Provinsi Kalimantan Utara, bergerak setelah terbitnya Perppu (Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang) Nomor 2 Tahun 2017 tentang Perubahan Atas Undang-Undang (UU) Nomor 17 Tahun 2013 tentang Organisasi Kemasyarakatan, yang berbuntut pencabutan badan hukum perkumpulan atau ormas Hizbut Tahrir Indonesia (HTI) oleh Kementerian Hukum dan HAM. Ternyata, organisasi terlarang itu ada di Tarakan, tapi tidak terdaftar di Kesbangpol.

“Khusus Tarakan, HTI tidak terdaftar di Tarakan. Jadi kami tidak melakukan tindak lanjut untuk melakukan pembekuan, karena mereka belum mendapatkan Surat Keterangan Terdaftar (SKT) dari Kesbangpol Tarakan,” ungkap Kepala Kesbangpol Tarakan, Agus Sutanto.

Dijelaskannya,berdasarkan data yang dimiliki Kesbangpol Tarakan,828 ormas telah terdaftar dan memiliki SKT dengan klasifikasi terdiri dari ormas fungsi dan kegiatan, keagamaan, LSM, profesi, paguyuban, yayasan, kepemudaan dan kewanitaan.

“Sebagian ormas yang terdaftar di Kesbangpol Tarakan tidak aktif lagi dalam kegiatan. Artinya saat ini dari tahun ke tahun terjadi penurunan jumlah ormas yang mengajukan SKT dan ini terjadi sejak 2013,” jelasnya.

Ia menegaskan, jika ada ormas terindikasi melakukan upaya atau aktivitas yang tidak sesuai dengan kehidupan ideologi Pancasila dan hukum NKRI, pihaknya melalui intelijen akan melakukan pendalaman terlebih dahulu sebelum melakukan penindakan.

“Bila memang terbukti akan kami langsung bekukan. Bila sudah memiliki SKT akan langsung kami cabut,” tegasnya. #vir

Print Friendly

Comments

comments




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *