Search
Tuesday 21 November 2017
  • :
  • :

ASN Harus Terus  Berinovasi

Bupati Berau, Muharram, saat apel.

TANJUNG REDEB, beritakaltara.com- Hari pertama masuk kerja aparatur sipil negara (ASN) setelah cuti bersama dan libur lebaran, di jajaran Pemerintah Kabupaten Berau, Senin (3/7/2017), diawali dengan apel gabungan yang dipusatkan di halaman Kantor Bupati Berau.

Ratusan ASN dari beberapa instansi yang berada di lingkungan Sekretariat Daerah mengikuti apel yang dipimpin langsung Bupati Berau, Muharram. Apel gabungan juga diikuti Wakil Bupati Agus Tantomo, Sekkab Jonie Marhansyah dan pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD) di jajaran Pemkab Berau.

Mengawali arahannya, Bupati Muharram mengungkapkan dengan mengawali masuk kerja pasca bulan suci ramadan dan hari raya Idul Fitri, para ASN diharapkan dapat menjadi lebih baik dari sebelum sebelumnya. Menjadi orang orang yang lebih produktif, yang jauh lebih berinovatif. Sebagai ASN yang muslim, disampaikannya harus ada perubahan yang lebih baik setelah melalui pembinaan di ramadan.
Muharram mencontohkan puasanya seekor ulat yang tadinya memakan makanan yang sembarang, setelah menjadi kepompong dan berpuasa, berubah menjadi kupu kupu yang cantik dan memberikan manfaatkan dengan membantu penyerbukan pada bunga. Terjadi perubahan yang drastis dalam kehidupannya. Namun sebaliknya puasa seekor ular hanya mengalami perubahan pada kulitnya namun tidak ada perubahan yang sesungguhnya.
“Hari ini saya mengajak kita mengalami perubahan ibarat seeokor kupu kupu yang lebih produktif yang lebih bersemangat untuk menjadi lebih baik,” ungkapnya.
Lebih lanjut Bupati Muharram, mengungkapkan, pelaksanaan pembangunan di Kabupaten Berau tidak akan bisa berjalan dengan baik tanpa ada inovasi maupun kerjasama yang baik bagi seluruh ASN. Terlebih saat ini kondisi anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) yang mengalami penurunan. Sehingga ASN harus rela berkorban baik tenaga maupun pikiran dalam melaksanakan tugas sebagai abdi negara dan pelayan masyarakat.
ASN harus terus berinovasi dan berkreasi dalam rangka menyumbangkan pemikiran dan kinerja terbaik. Muharram berharap ASN bergotong royong untuk terus memberikan yang terbaik.
“Kita harus memberikan kontribusi terbaik tanpa harus menghitung dengan honor gaji dan gaji, karena jika itu yang jadi pemikiran, maka dengan situasi saat ini kita tidak akan mampu berjalan dengan baik dan normal,” tegasnya.
Bupati Muharram mengajak seluruh organisasi perangkat daerah untuk bersinergi dan selalu berlomba melakukan terobosan terobosan positif untuk mengisi kekurangan kekurangan yang selama ini tidak teralokasi dalam APBD.
Upaya penghematan dari semua OPD harus dilakukan dan hal hal terkecil. Termasuk dalam menghindari pemborosan dalam penggunaan energi listrik. Begitu juga dengan upaya upaya penghematan lainnya.
Selain itu dalam upaya pengawasan kedisiplinan ASN, Bupati Muharram juga mengintruksikan kepada jajaran Satpol PP untuk melakukan pengawasan dan pemantauan secara rutin kepada ASN yang berada di luar kantor pada jam kerja. Pengawasan ini menurutnya sangat penting dalam menegakkan disiplin ASN. #MAR
Print Friendly

Comments

comments




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *