by

Lapas Nunukan akan Memberikan Remisi Khusus  Kepada  Lebih 156 Narapidana

Lembaga Pemasyarakatan Nunukan.

NUNUKAN, BERITAKALTARA.COM– Lapas Kelas II B  Nunukan Kalimantan Utara akan memberikan remisi khusus  kepada pada narapidana pada  hari raya Idul Fitri tanggal (25/06/2017) mendatang.

Kepala Lapas Kelas II B Nunukan Nur Hadi Wulan mengatakan, remisi khusus diberikan kepada  narapidana yang telah menjalani masa hukuman lebih dari 6 bulan dan berkelakuakn baik selama di dalam lapas.

Remisi khusus I selama 15 hari hingga 2 bulan diberikan kepada 155 narapidana, sementara remisi khusus II dimana narapidana akan langsung bebas pada tanggal 25 Juni mendatang diberikan kepada 1 narapidana.

“Ini namanya remisi khusus, khusus hari raya. RK satu hanya pengurangan hukuman yang pertama sudah siap seratus lima lima nanti ada kloter lagi. Kalau RK 2 yang bebas pada tanggal itu ada satu orang,” ujar Kepala Lapas Kelas II B Nunukan, Nur Hadi Wulan Kamis (22/06/2017).

Nur Wulan Hadi menambahkan, selain remisi khusus kloter pertama  yang akan diberikan pada kepada 155 narapidana akan ada remisi khusus kloter ke 2 yang akan diberikan Lapas Nunukan. Adanya narapidana yang diberikan remisi khusus kloter ke dua karena masih ada kekuranagn berkas permohonan remisi  dari para narapidana titipan dari Tarakan dan Bulungan.

Lapas Nunukan menerima napi titipan dari Tarakan sebanyak 80 napi dan dari Bulungan sebanyak 3 napi.

“Ada pindahan dari lapas lain ternyata belum diusulin. Kadang-kadang dari tempat lain tidak lengkap datanya. Ini nanti ada kurang berkasnya terlambat akhirnya terlambat usulan remisinya,” imbuhnya.

Lapas Nunukan sendiri saat ini dihuni oleh 658 narapidana, padahal kapasitas normal  lapas hanya 260 napi. 60 persen dari jumlah tersebut merupakan narapidanan dengan kasus narkoba.  Saat ini lapas Nunukan membutuhkan penambahan blok hunian agar penghuni sel tidak terlalu penuh. Namun pemerintah daerah baru akan menganggarkan pembangunan satublok hunian  pada tahun 2018 mendatang.

“Rencananya baru tahun 2018 akan dibangun satu blok hunian yang akan menamung sekitar 100 an napi,” Ucap Nur Wulan Hadi. #dhi

Print Friendly

Comments

comments

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed