Search
Tuesday 21 November 2017
  • :
  • :

Wali Kota Apresiasi Simulasi Latihan ISPS Code

TOMBOL SIRENE. Wali Kota Bontang Hj Neni Moerniaeni bersama unsur Forkompinda memencet tombol sirene pertanda dimulainya simulasi latihan ISPS di Pelabuhan Loktuan kemarin.

TOMBOL SIRENE. Wali Kota Bontang Hj Neni Moerniaeni bersama unsur Forkompinda memencet tombol sirene pertanda dimulainya simulasi latihan ISPS di Pelabuhan Loktuan kemarin.

BONTANG, BERITAKALTARA.com – Pelabuhan Loktuan mencekam. Aparat dan beberapa orang terlibat baku tembak. Tapi kondisi itu hanyalah simulasi dalam rangka latihan ISPS Code PT Pelabuhan Indonesia Cabang Bontang besama dengan latihan penanganan sabotase dan pembajakan kapal di Pelabuhan Umum Loktuan Selasa (13/12/2016) pagi.

Wali Kota Neni Moerniaeni yang hadir pada latihan simulasi itu mengatakan, sesuai ketentuan International Ship and Port Facility Security (ISPS) Code setiap fasilitas pelabuhan yang telah comply ISPS  Code termasuk Pelabuhan Loktuan yang telah mendapat statment of compliance of a port facility (SOCPF) ISPS Code dari pemerintah sejak tanggal 7 Oktober 2015, adalah bersifat mandatory  untuk melaksanakan training  atau sosialisasi ISPS Code, Drill ISPS Code dan Exercise Code.

“Pelaksanaan excercise ini meliputi tindakan pengamanan pada security level 1, 2, dan security level 3 ISPS Code sesuai Port Facility Security plan Pelabuhan Loktuan,” kata Neni.

Kata Wali Kota, kegiatan ini merupakan ajang ujicoba kehandalan dan kemampuan sumber daya yang meliputi personil dan prosedur terhadap penanganan dan penanggulangan keadaan darurat gangguan ancaman keamanan di Pelabuhan Loktuan.

“Sekaligus untuk menjalin dan meningkatkan koordinasi serta kerjasama yang baik antara unsur swasta, BUMN, pemerintah dan aparat keamanan terkait di Kota Bontang,” ujarnya.

Selain itu, Neni juga menerangkan, latihan ini adalah latihan resiko keamanan atau merupakan bentuk antisipasi permasalahan untuk latihan penanganan penanggulangan bahaya keamanan.

“Maka harapan saya, semoga latihan ini dapat diimplementasikan dengan sebaik – baiknya. Sehingga, gangguan keamanan dapat dicegah sedini mungkin,” harapnya.

Salah satu adegan simulasi melumpuhkan pelaku sabotase.

Salah satu adegan simulasi melumpuhkan pelaku sabotase.

Sementara itu, secara singkat jalannya simulasi berlangsung lancar. Secara garis besar, skenario dalam simulasi itu adalah aparat bergerak cepat seusai mendapat laporan dari keamanan pelabuhan terkait adanya beberapa orang yang mencoba membajak kapal yang tengah bersandar di Pelabuhan Loktuan.

Drama baku tembak antara aparat dengan tersangka pun sempat membuat situasi di Pelabuhan Loktuan mencekam. Beruntung selang beberapa menit kemudian, aparat berhasil melumpuhkan tersangka dan membuat situasi di Pelabuhan kembali kondusif.

Kegiatan simulasi ini juga dihadiri Sekretaris Kota Bontang HM Syirajudin, unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompinda) Kota Bontang, Kepala KUPP Loktuan dan Tanjung Laut, perwakilan perusahaan serta beberapa tamu lainnya.#hms2

Print Friendly

Comments

comments




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *