Search
Wednesday 17 October 2018
  • :
  • :

Aktivitas Tambang Ancam Infrastruktur Jalan

11muhammad-samsunSAMARINDA, BERITAKALTARA.com – Permasalahan infrastruktur masih menjadi pekerjaan rumah bagi Pemerintah Provinsi Kaltim. Anggota Komisi III DPRD Kaltim Samsun menilai masih banyak terdapat pembangunan di Kaltim yang belum maksimal, terutama masalah jalan. Ia mengatakan infrastruktur jalan yang ada di Kaltim masih dirasakan kurang layak, misalkan jalan penghubung baik antarprovinsi maupun antarkota/kabupaten.

Menurutnya infrastruktur jalan merupakan prioritas yang mesti diperhatikan pemerintah, terlebih jalan merupakan salah satu urat nadi masyarakat dalam aktivitas sehari-hari. Seperti jalan provinsi di daerah pesisir yang menghubungkan Samarinda Seberang, Samarinda menuju Samboja, Kutai Kartanegara (Kukar) kondisinya saat ini terancam putus akibat aktivitas pertambanganbatu bara. Ironisnya, jalan yang dibuat tersebut berada di tepi jurang.

“Melihat kondisi tersebut pemerintah harus segera melakukan tindakan. Apalagi jalan tersebut merupakan jalan bagi masyarakat dalam melakukan perputaran roda ekonomi,” katanya.

Selanjutnya Politikus PDIP tersebut menerangkan jalan putus akibat aktivitas pertambangan bukan kali ini saja terjadi. Banyak infrastruktur pembangunan rusak akibat aktivitas pertambangan, apalagi fasilitas publik yang berhubungan langsung dengan warga.

Ia berharap pemerintah khususnya dinas terkait segera turun tangan mengatasi masalah itu. Jika tidak, masyarakat tentu akan sangat dirugikan karena memutus akses warga, apalagi jalan tersebut bisa menjadi jalur alternatif jalan Nasional Balikpapan- Samarinda. Ada baiknya pemerintah harus mengambil langkah tegas dengan memberlakukan aturan penambangan dengan baik, termasuk mengusut tuntas kasus ini jika ada tindak pidana yang dilakukan perusahaan. Karena sesuai aturan, perusahaan boleh menambang maksimal jaraknya 100 meter jalan raya.

“Tindakan tegas sangat dibutuhkan untuk mengurangi kejadian seperti ini. Tentunya dengan kerjasama seluruh pihak, harapannya pemerintah dapat segera memberlakukan aturan penambangan dengan baik,” ucapnya. #adv/yud/oke

Print Friendly

Comments

comments




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *