Search
Sunday 19 August 2018
  • :
  • :

Genjot Tingkat Hunian Hotel

2sapto setyo pramonoSAMARINDA. BERITAKALTARA.com – Hari libur yang tergolong panjang sejak 5-8 Mei 2016 seharusnya bisa menjadi momen yang mampu dimanfaatkan menarik minat pendatang untuk berkunjung ke sebuah daerah. Hal ini berlaku pula bagi Ibu Kota Kalimantan Timur yaitu Samarinda. Namun minimnya tingkat pendatang yang dilihat dari jumlah penghuni hotel tidak meningkat secara signifikan, menjadi kritik bagi daya tarik ibukota provinsi ini.

“Jika peningkatannya hanya 5-10 persen di Samarinda tergolong tidak signifikan. Padahal jika angka hunian hotel meningkat berarti terdapat pajak lebih banyak yang bisa masuk ke kas daerah. Artinya momen libur panjang kemarin kurang dioptimalkan. Meski faktornya tidak hanya dilihat dari jumlah hunian hotel, bisa pula dari jumlah kunjungan ke tempat-tempat umum lain,” kata Sapto, Anggota DPRD Kaltim asal Dapil Samarinda.

Politikus Golkar ini berharap Samarinda bisa menjadi ibukota provinsi yang memiliki daya tarik tinggi sehingga menarik banyak minat wisawatan lokal maupun nonlokal datang. Seperti halnya kota lain yang hampir setiap momen libur panjang menjadi salah satu pilihan utama untuk dikunjungi. Misalnya seperti Yogyakarta, Bali, Surabaya, Bandung, Semarang dan beberapa daerah lain.

Peningkatan daya tarik tentu tak hanya bergantung dari pariwisatanya, namun semua sektor wajib memberi dukungan dalam upaya meningkatkan daya tarik sebuah daerah.

“Jadi tak cukup hanya promo dan gelaran event-event, berbagai kemudahan fasilitas, infrastruktur saja. Butuh ciri khas, sebab ini juga menjadi faktor,” sebutnya.

Ia menambahkan, momen kali ini nampaknya warga lebih tertarik pergi ke tempat wisata seperti pantai di Balikpapan. Sebab pantai kabarnya cukup ramai meskipun lalulintas jalan tetap terpantau lancar. Tak hanya Balikpapan, banyak daerah lain di Kaltim yang memiliki tempat wisata menarik, seperti di Kabupaten Berau, Tenggarong, Bontang. Sehingga memang umumnya wisatawan yang merupakan warga lokal daerah tersebut maupun dari daerah lain umumnya tertarik menghabiskan hari libur bersama keluarga di lokasi yang memiliki tempat wisata alam khususnya. #adv/lia

Print Friendly

Comments

comments




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *