Search
Thursday 21 September 2017
  • :
  • :

Bendungan Teritip, Titik Akhir Lawatan Jokowi di Kalimantan

1804479IMG-6295-1-780x390Balikpapan, BERITAKALTARA.com – Presiden Joko Widodo hari ini, Kamis (24/3/2016), berada di Balikpapan, Kalimantan Timur. Jokowi berada di kota ini untuk meninjau proyek jalan tol Balikpapan–Samarinda sepanjang 99,2 kilometer. Setibanya di Balikpapan Rabu sore kemarin, Jokowi disambut korban tambang batu bara.

“Kembali Jokowi disambut korban tambang batu bara di Kaltim,” kata Dinamisator Jaringan Advokasi Tambang (Jatam) Kalimantan Timur, Merah Johansyah, Rabu 23 Maret 2016. “Lubang bekas tambang dibiarkan terbuka aksesnya dari masyarakat umum,” lanjut Merah.

Dalam kunjungan hari ketiga di Kalimantan, Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo akan melihat langsung proyek pembangunan jalan tol Balikpapan-Samarinda di Desa Karangjoang, Kecamatan Balikpapan Utara. Di sini, Jokowi akan mendengarkan penjelasan singkat Gubernur Kalimantan Timur dan peninjauan maket dan panel.

Jalan Tol Balikpapan-Samarinda merupakan ruas tol pertama di Kalimantan dan diharapkan tuntas Mei 2019. Keberadaan tol senilai Rp 14,9 triliun ini diperkirakan akan memangkas waktu Balikpapan-Samarinda yang semula 2,5-3 jam menjadi 1 jam.

Jalan Tol Balikpapan-Samarinda terbagi dalam 5 seksi pekerjaan yakni Seksi I dengan ruas Km 13 Balikpapan-Samboja, Seksi II dengan ruas Samboja-Palaran I, Seksi III dengan ruas Samboja-Palaran II, Seksi IV dengan ruas Palaran-Jembatan Mahkota, dan Seksi V dengan ruas Balikpapan-Sepinggan.

Usai berkunjung ke proyek pembangunan jalan tol, Jokowi akan menyerahkan Bantuan Sosial Program Keluarga Harapan (PKH), Kartu Asistensi Sosial Lanjut Usia (ASLUT), Kartu Asistensi Sosial Penyandang Disabilitas Berat (ASPDB), dan Kartu Indonesia Pintar (KIP) di halaman Kantor Penyelenggara Ibadah Haji Balikpapan.

Dari penyerahan bantuan sosial, Jokowi dan Ibu Iriana akan melanjutkan perjalanan menuju Bendungan Teritip, Desa Teritip, Kecamatan Balikpapan Timur. Bendungan ini berdaya tampung 2,4 juta meter kubik dengan output 260 liter per detik.

Kunjungan ke Bendungan Teritip sekaligus mengakhiri rangkaian kunjungan kerja Presiden Jokowi di Kalimantan. Jokowi dan Ibu Negara akan kembali ke Jakarta pada sore hari dengan menggunakan Pesawat Kepresidenan Indonesia-1.

Print Friendly

Comments

comments




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *