Search
Tuesday 21 November 2017
  • :
  • :

PT LAA Pekerjakan Karyawan Tanpa Status

20160301_103117_resizedTANA GROGOT, BERITAKALTARA.com – Delapan tahun berdiri perusahaan kelapa sawit PT Langgai Agrindo Agung (LAA) belum kantongi Peraturan Perusahaan (PP), hal ini mencuat setelah adanya aksi protes dari Pengurus Serikat Buruh Sejahtera Kabupaten Paser yang mendapingi langsung tenaga kerja LAA untuk mendapatkan haknya sebagai tenaga kerja yang dilindungi undang – undang.

Menyikapi permasalahan tersebut, Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Paser Bidang Hubungan Industrial (HI) dengan segera memediasi persoalan tersebut dan memanggil kedua belah pihak bernegosiasi pada, Selasa (2/2/2016) untuk pembuatan PP sehinga menjadi payung hukum perlindungan tenaga kerja dan terpenuhi segala hak – haknya.

Ketua DPC SBSI (Serikat Buruh Seluruh Indonesia) Kabupaten Paser, Zulkiflie, SE menegaskan, pihaknya akan menuntut perusahaan LAA jika dalam waktu dekat ini tidak terbitkan PP dan menetapkan kejelasan status karyawan serta membuat kontrak kerja antara tenaga kerja dan perusahaan karena ini sudah menjadi pelanggaran UU no 13 th 2003 tentang ketenaga kerjaan.

Novero, selaku konsultan dan perwakilan management PT LAA berjanji akan meralisasikan tuntutan SBSI dalam satu minggu ke depan.

“Kami akan berusaha menyelesaikan penyusunan konsep perjanjian kerja waktu tertentu (PKWT) dan perjanjian kerja waktu tidak tertentu (PKWTT) dan akan menyerahkan ke pihak SBSI Kabuparen Paser untuk mendapakan persetujuan dan dilaksanakan bersama,” ujarnya.

Kepala Bidang Hubungan Industrial Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Paser, M Nasir Nappu SH yang memimpin rapat mengapresiasi keinginan pihak perusahaan untuk menyelasaikan permasalaham tersebut.

“Kami sangat berharap agar pihak perusahaan bisa mengikuti peraturan dan perudang – undangan yang berlaku,” ucap Nasir disela – sela rapat yang dipimpinnya. #kamaruddin

Print Friendly

Comments

comments




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *