Search
Friday 23 June 2017
  • :
  • :

Rumput Laut Bisa Diolah, Dicampur Nasi Jadi Pulen

nunukan rumput lautNUNUKAN, BERITAKALTARA.com- Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Nunukan menawarkan alternative pengolahan rumput laut setengah jadi dengan cara mengolah menjadi rumput laut tawar kering. Ini merupakan salah satu cara alternative guna meningkatkan harga jual rumput laut kering yang terus turun. Rumput laut kering tawar adalah rumput laut yang siap diolah menjadi produk turunan lainnya.

“Rumput laut kering tawar ini kalau mau diolah tinggal direndam air panas dua jam. Ini tidak ada baunya, sudah tawar jadi tidak asin lagi hasilnya sudah bersih. Dan ini bisa diolah menjadi campuran es buah, es rumput laut dan bisa dicampur dengan nasi agar nasinya menjadi pulen,” ujar Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Nunukan Dian Kusumanto.

Cara membuat rumput laut tawar kering, menurut Dian Kusumanto, tidak membutuhkan tekhnologi yang mahal. Bahkan dengan cara tradisional bisa dilakukan oleh para petani rumput laut. Pembuatan rumput laut tawar diawali dengan melakukan oven rumput laut segar dengan cara memasukkan rumput laut segar ke dalam plastik atau dimasukkan dalam plastik drum kemudian ditutup rapat, kemudian dijemur selama satu hari. Hal ini untuk mengeluarkan kandungan air dan membuat rumput laut menjadi putih bersih.

Proses berikutnya adalah pencucian rumput laut hingga bersih. Rumput laut yang telah bersih kemudian kembali direndam ke dalam air tawar yang telah diberi air kapur dan air perasan jeruk nipis. Fungsi jeruk nipis di sini adalah untuk menghilangkan bau amis. Perendaman rumput laut dengan air kapur dan air jeruk nipis dilakukan selama semalam. Setelah direndam selama semalam rumput laut dibilas kembali dengan air bersih dan dijemur hingga mencapai kekeringan tertentu.

”Jadinya nanti sudah bersih putih dan rasanya sudah tidk asin lagi, siap diolah menjadi campuran makanan lainnya. Ini sudah seperti mie instan,” imbuhnya.

Meski baru melakukan sosialisasi kepada beberapa kelompok tani, namun permintaan akan rumput laut kering tawar dari luar kota sudah mulai ada. Dian Kusumanto sendiri mengaku belum mengupayakan dalam skala besar. Pihaknya masih menunggu peralatan pendukung seperti mesin oven.

“Ini sifatnya masih personal belum program. Kita masih menunggu alat oven yang pengadaannya oleh Disperindakop. Untuk permintaan lumayan menjelang lebaran kemarin. Memang masih kecil tapi ini harus diupayakan. Rumput laut kering tawar bisa juga nanti jadi oleh-oleh tangan dari Nunukan,” urainya.

Rumput laut kering tawar menurut Dian Kusumanto bisa menjadi nilai tawar di tengah anjloknya harga rumput laut yang mencapai 6.500 rupiah. Karena harga rumput laut kering tawar bisa mencapai dua hingga tiga kali lipat.

”Kalau jadi rumput laut kering tawar bisa mencapai harga 20 ribu hingga 30 ribu. Perbandingan untuk rumput laut kering tawar ini 15 kilo rumput laut basah bisa menjadi 1 kilogram rumput laut kering tawar. Kalau harga rumput laut kering sekarang hanya 6.500.Perbandingannya cukup lumayan jauh. Ini tinggal mencari kemasan yang bagus, branding kemudian margin pasarnya.” pungkas Dian Kusumanto.#dim

Print Friendly

Comments

comments




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *