Search
Wednesday 17 January 2018
  • :
  • :

Tarik Wisatawan, Pemkab PPU Gelar Lomba Renang di Laut 6.000 Meter

PPU 1hadiah lomba renang (1)PENAJAM, BERITAKALTIM.COM – Ratusan peserta amatir dan profesional sepanjang Sabtu (13/06/2015) mengikuti lomba renang Oven Water Swimming di pantai Nipah-nipah Kabupaten Penajam Paser Utara. Dalam lomba tersebut ada tiga kategori yang diperlombakan diantaranya kategori profesional sepanjang 6.000 meter putra dan putri, jarak 2.000 meter yunior putra dan putri serta lomba renang rakyat sepanjang 200 meter yang melibatkan warga masyarakat umum dan kalangan pejabat.

Yusran Aspar, Bupati Penajam Paser Utara menyebut tujuan lomba ini untuk mengenalkan potensi wisata yang ada di pantai Nipah-nipah sekaligus untuk menarik minat wisatawan berkunjung ke daerah ini. Terlebih kegiatan ini sudah jadi agenda tahunan bagi PPU terutama memperingati hari jadi kabupaten tersebut.

“Tujuan kegiatan ini untuk menarik minat wisatawan berkunjung ke PPU dan melihat Potensi daerah ini terlebih kegiatan ini sudah jadi agenda tahunan yang dilangsungkan setiap hari jadi PPU,” terang Yusran pada sejumlah wartawan.

Lomba renang tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya. Sebab tidak dilakukan dengan melintas di Teluk Balikpapan. Alimudin beralasan keamanan peserta renang yang jadi prioritas utama dan dikuatirkan akan mengganggu pelayaran.

“Sengaja lombanya tidak kita lakukan dengan menyeberangi Teluk Balikpapan seperti tahun lalu dengan pertimbangan keamanan perenang serta dikuatirkan akan mengganggu pelayaran,” tambahnya.

Sedangkan Alimuddin selaku ketua panitia pelaksana yang juga Kepala Dinas Pariwisata menyebut secara kuantitas peserta lomba tahun ini lebih sedikit dibanding tahun lalu lantaran sebagian besar atlet tengah mengikuti Sea Games di Singapura. Alimudin berharap, tahun depan jumlah peserta akan jauh lebih banyak dibanding tahun-tahun terdahulu.

“Secara kuantitas jumlah pesertanya lebih sedikit lantaran sebagian besar atletnya tengah mengikuti Sea Games meski begitu secara kualitas pelaksanaan tahun ini lebih semarak lantaran atlet yang datang itu meliputi berbagai daerah di Indonesia,” ungkapnya.

Sementara itu, diantara lomba renang yang cukup menyedot perhatian yakni lomba renang rakyat dengan jarak 200 meter. Perhatian penonton ini sepenuhnya tertuju ke lomba ini lantaran pesertanya terdiri dari kalangan ibu-ibu rumah tangga, masyarakat hukum hingga pejabat setempat termasuk sekretaris daerah. Keriuhan penonton makin bertambah saat menyaksikan peserta saling tarik berebut untuk menjadi juara. Bahkan lomba yang semestinya dilakukan dengan berenang itu dilakukan dengan berlari lantaran lokasinya berada di tempat dangkal.

Sedangkan untuk kategori profesional kelas 6000 meter dan 2000 meter hampir seluruhnya dikuasai atlet asal Jawa Barat. Bahkan tuan rumah PPU nyaris tak merebut satupun hadiah jika salah satu perenangnya tidak mampu finish di urutan ke 3 dan lima. #Ahz

Print Friendly

Comments

comments




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *